Breaking

Senin, 08 Juli 2019

GAWAT!!! Sangking Tercemarnya, Air Danau Toba Bisa Bikin Anak Autis!


Danau kebanggaan warga Sumut semakin memprihatinkan. Pencemaran yang terjadi terus menerus membuat air Danau Toba bisa bikin anak balita menjadi autis bila  mengkonsumsi airnya.

Jangankan diminum, bahkan untuk sekadar dimandikan saja, air Danau Toba di sejumlah lokasi sudah tidak layak.

Hal itu dikatakan Dr Tiapul Hutahaean selaku narasumber seminar "Safe Lake Toba & Eco Care" yang digelar Departemen Marturia Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), di Pendopo Kantor Bupati Toba Samosir, Jalan Pagar Batu, Balige, Jumat sore (5/7/2019).

"Dari hasil penelitian, residu limbah yang terkandung di air danau bisa membuat anak jadi autis. Paling tidak sepuluh tahun sejak ia terus mengkonsumsi air danau," kata Tiapul.

Menurut Tiapul, tingkat pencemaran yang paling berat salah satunya berada di Kabupaten Samosir. Karena itu, tambah Tiapul, banyak desa di Samosir yang kesulitan mendapat air bersih, sekalipun berada di tengah danau.

Tiapul berharap, HKBP sebagai lembaga keagamaan terbesar khususnya di kawasan Danau Toba, jangan hanya menggelar diskusi maupun seminar. HKBP harus bertindak, mengingat kondisi ekosistem kawasan Danau Toba sudah begitu parah.

"Kalau seminar, sudah tak terhitung. Di Medan, Jakarta terus buat seminar. Aksi nyata belum tampak," katanya.


Sebelumnya, Staf Menteri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Winarni Monoarfa yang membacakan sambutan Menteri KLHK Siti Nurbaya mengatakan, Danau Toba termasuk salah satu dari 15 danau di Indonesia yang tengah menjadi perhatian pemerintah pusat. Dari 15 danau itu, ada dua danau yang tingkat pencemarannya masuk kategori sangat serius, termasuk Danau Toba. (mbz)





loading...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar