News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ketua Fraksi PKS DPRD Medan Jagokan Ustaz Hidayatullah Maju Calon Wali Kota

Ketua Fraksi PKS DPRD Medan Jagokan Ustaz Hidayatullah Maju Calon Wali Kota


Medan - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Medan, Syaiful Ramadhan menjagokan Ustaz Hidayatullah maju sebagai calon Wali Kota Medan pada Pilkada Serentak 2024 yang digelar November mendatang.


Menurut Syaiful Ramadhan, Ustadz Hidayatullah pantas mewakili PKS dalam perhelatan akbar di Kota Medan ini karena pengalamannya yang panjang.

"Kalau ditanya siapa Pak Hidayatullah kita tentunya tahu semua, beliau pernah menjadi anggota DPRD ditingkat kabupaten, provinsi dan DPR RI. Saya kira pengalamannya tak bisa kita ragukan, dan beliau juga merupakan kader Al Washliyah. Beliau juga orang Medan," katanya.

PKS sendiri pada Pemilu 2024 ini tampil sebagai runner up. Dengan memperoleh 186.789 suara, PKS berhasil merebut 8 kursi di DPRD Medan.

Dengan raihan 8 kursi tersebut, maka PKS hanya butuh 2 kursi lagi dengan berkoalisi 1-2 partai politik untuk bisa mengusung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Medan 2024.

Pasal 40 ayat (1) UU No. 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota (UU Pilkada) menyebutkan bahwa ambang batas pencalonan kepala daerah sedikitnya 20 persen jumlah kursi DPRD atau 25 persen akumulasi suara sah pemilihan anggota DPRD.

Merujuk pada aturan tersebut, maka parpol minimal harus memiliki 10 (20%) dari total 50 kursi di DPRD Medan untuk bisa mengusung pasangan calon wali kota/wakil wali kota.

Syaiful Ramadhan mengatakan, pihaknya menyampaikan antusias dengan prestasi PKS pada Pemilu 2024 di Kota Medan.

"Yang pertama kita apresiasi capaian ini, kita juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak, kader, simpatisan dan masyarakat yang sudah memilik PKS di Kota Medan," ungkapnya.

Diakuinya, dengan perolehan 8 kursi dan pimpinan di DPRD Sumut memberikan posisi tawar yang baik bagi PKS ke depan.

"Apapun hasilnya hari ini kita sangat bersyukur tentunya PKS bisa memiliki posisi tawar yang baik dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat di Kota Medan," kata Syaiful yang menjabat Kabid Humas Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sumatera Utara ini.

Sementara itu, disinggung terkait pelaksanaan Pilkada Medan 2024 yang juga akan dihelat serentak di seluruh Indonesia pada 2024 ini, syaiful Ramadhan menyampaikan secara diplomatis.

"Secara resmi PKS belum ada memberikan arahan terkait ini, prosesnya sedang berjalan setelah Pemilu ini," ungkapnya.

Saat ditanya soal sosok yang mungkin akan diusung PKS di Pilkada Kota Medan, Anggota DPRD Medan ini mengungkapkan bahwa sampai dengan hari ini, PKS memiliki banyak kader yang bisa berbicara banyak salah satunya Ustaz Hidayatullah.

"Saya kira banyak kader dan tokoh di PKS, termasuk Pak Hidayatullah," katanya.

Hidayatullah merupakan anggota DPR RI periode 2019-2024 dari daerah pemilihan Sumatera Utara I yang meliputi Deli Serdang, Serdang Bedagai, Kota Medan, dan Kota Tebing Tinggi.

Sebelum menjadi anggota DPR RI, Hidayatullah telah bertahun-tahun menjadi anggota DPRD baik di tingkat provinsi maupun kabupaten.

Nama Hidayatullah turut menjadi satu dari 5 bakal calon Wali Kota Medan periode 2021-2026 dari Partai Keadilan Sejahtera dalam Pilkada Kota Medan 2020. (ali)

Tags

Posting Komentar