News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Polres Brebes Jalin Kerjasama Dengan KIK SKSG UI, Kembangkan Kampung Unggul Jadi Kampung Wisata Bebas Narkoba Melalui Sosialisasi Website

Polres Brebes Jalin Kerjasama Dengan KIK SKSG UI, Kembangkan Kampung Unggul Jadi Kampung Wisata Bebas Narkoba Melalui Sosialisasi Website



Brebes - Surya Nita Dosen KIK SKSG UI melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam upaya meningkatkan pendapatan wilayah masyarakat Brebes dengan merencanakan pengembangkan kampung wisata sdm unggul bebas narkoba melalui sosialisasi website di Polres Brebes, Rabu (21/6/2023) lalu.

Pada kegiatan itu, melibatkan Polres Brebes untuk dapat memfasilitasi website yang dapat digunakan dalam mengembangkan program Kampung Unggul Bebas Narkoba yang telah dibentuk oleh Polres Brebes di 9 Kecamatan fungsinya untuk mensosialisasikan anti norkaoba bahwa SDM Brebes ini Unggul dan terdapat kampung Wisata yang dapat diakses masyarakat kedepan apabila berkunjung di wilayah Brebes. 

Surya Nita Dosen KIK SKSG UI melakukan kegiatan ini berupaya dalam mengembangkan Kampung Tangguh yang telah dibentuk Polres Brebes lebih bermanfaat bagi kesejahteraan Masyarakat Brebes dalam meningkatkan sektor wisata SDM Unggul Bebas Narkoba. Brebes sebagai wilayah yang memiliki potensi alam dan komoditi pertanian yang dapat menjadi modal bagi Kabupaten Brebes dalam meningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat Brebes.

Adapun upaya yang dapat dilakukan sebagai berikut:

Memberikan pendidikan kesadaran bela negara bahwa mencegah narkoba di suatu daerah sebagai upaya dalam membela negara terhadap masuknya peredaran narkoba dan merusak anak bangsa.

Membangun karakter kemanusiaan yang unggul cerdas terampil sesuai perkembangan digital, 

Karakter Indonesia, karakter pancasila yang tetap mengembangakan kearifan lokal masyarakat brebes pesona melalui website kampung wisata bebas narkoba.

Membentuk kampung wisata sdm unggul bebas narkoba melalui upaya kerjasama dengan pihak kepolisian (babinkamtibmas), BNN secara berkala serta penggunaan website kedepan dapat diakses masyarakat setiap waktu.

Pemerintah kelurahan kedepan dapat membentuk satgas anti narkoba dari unsur masyarakat adat, kepolisian melalui BABINKAMTIBMAS), pemerintah keluruhan, pemuda karangtaruna, jika ditemukan terdapat penyalahgunaan narkoba dilakukan penegakkan hukum atau penangkapan terhadap pengguna dan pengedar selain itu dapat dilakukan upaya rehabilitasi bila ditemukan penyalahgunaan narkoba dengan urine positif bekerjasama dengan BNN.

Melakukan pembinaan kepada mantan pengguna narkoba dan masyarakat, sehingga terjadi pemanfaatan sdm unggul yang bebas narkoba dalam meningkatan upaya pendapatan melalui kampung wisata sdm unggul bebas narkoba serta pemanfaatan dana kelurahaan melalui upaya peningkatan pengembangan ekonomi kreatif dalam kehidupan masyarakat. penggunaan website kampung wisata bebas narkoba sebagai upaya dalam mencegah narkoba dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Brebes.

Mewujudkan kampung wisata bebas narkoba melalui website membuka kerjasama bagi semua pihak dengan menggunakan pentahelix antara lain pemerintah termasuk kepolisian, BNN, ekonomi kreatif, umkm, akademisi, media komunikasi, LSM, pebisnis investasi kampung wisata SDM Unggul Bebas Narkoba.

Dalam kegiatan ini kedepan perlu dilakukan rencana tindaklanjut dalam mewujudkan Kampung wisata SDM Unggul Bebas Narkoba Melalui Sosialisasi Website di Polres Brebes. (*)

Tags

Posting Komentar