News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Anak-anak Muda Sumut : Ganjar Pemimpin 'Maradat' & Sukses Kembangkan UMKM

Anak-anak Muda Sumut : Ganjar Pemimpin 'Maradat' & Sukses Kembangkan UMKM



Medan - Dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo terus bermunculan. Kini, ratusan anak-anak muda, mahasiswa dan milenial mengatasnamakan Orang Muda Ganjar Sumatera Utara (OMG Sumut) mendeklarasikan Ganjar sebagai Presiden 2024.

Koordinator Wilayah OMG Sumut, Yosua Kristopel Panjaitan menilai, Ganjar Pranowo dipercaya sebagai pemimpin yang memenuhi nilai-nilai filosofis orang batak, yakni 'Maradat'. Hal inilah yang membuat anak-anak muda tersebut kompak menyuarakan Ganjar sebagai Presiden RI.

"Pak Ganjar itu orangnya sangat 'Maradat', dalam bahasa batak artinya beliau betul-betul membuat dan menaati aturan-aturan. Nah, hari ini kita melihat beliau sangat menggalakan UMKM khususnya di Jateng," ucap Yosua di Seis Cafe & Public Space, Medan Selayang, Kota Medan, Kamis (7/7/2022).

Yosua menyebut, beberapa program yang digagas Ganjar Pranowo dalam membantu perkembangan geliat UMKM antara lain Lapak Ganjar, Hetero Space, serta inovasi kredit kerakyatan. Di samping itu, Ganjar juga menyediakan pelatihan dan pendampingan UMKM. 

"Kalau kami lihat, Pak Ganjar orangnya nasionalis, dan telah berhasil mengangkat marwah pemulihan ekonomi melalui UMKM di Jateng. Kami ingin ketika nanti Pak Ganjar duduk sebagai presiden, penggalakan UMKM ini bisa menyebar di seluruh daerah khususnya di Sumut," terang Yosua.

Yosua berkomitmen, OMG sebagai wadah kalangan muda akan untuk terus menyosialisasikan Ganjar Pranowo ke masyarakat melalui berbagai kegiatan. Semakin dikenalnya Ganjar oleh masyarakat, maka elektabilitas orang nomor satu di Jateng itu kian melesat di 2024.

"Kalau untuk ke depan, kita sudah merencanakan cabang-cabang di 34 kabupaten di Sumut. Banyak kegiatan yang sudah kita konsep tinggal pengeksekusiannya saja," kata Yosua.

Senada, salah satu anak muda asal Medan, Samuel Sinambela (20) menegaskan Ganjar adalah putra bangsa yang pantas memimpin negeri ini. Sebab, Ganjar dikenal sebagai pemimpin yang merangkul kaum milenial.

"Maksudnya itu Pak Ganjar bisa menyesuaikan dengan anak-anak muda, apalagi gagasan Hetero Spacenya itu. Jadi, menurut saya pak Ganjar ini pemimpin yang kece lah, keren!," tutup Samuel.

Selain deklarasi, relawan OMG Sumut juga menggelar 'Talkshow UMKM Kota Medan' yang menghadirkan para pelaku UMKM dari kalangan kaum milenial. Momen ini dilakukan untuk memantik semangat berwirausaha dan mengurangi angka pengangguran.

Sekadar informasi, berdasarkan data Dinkop UKM Jateng sejak 2013, tercatat ada 90.339 UMKM binaan Pemprov Jateng. Angka tersebut terus berkembang hingga di 2022 mencapai 177.256 UMKM binaan yang didominasi produk makanan dan minuman.

Lalu, penyerapan tenaga kerja melalui UMKM terbukti efektif. Berdasarkan data Dinkop UKM Jateng, saat ini serapan tenaga kerja dari UMKM mencapai 1.320.953 orang. Sedangkan pada tahun 2013 hanya 480.508 orang. (*)

Tags

Posting Komentar