News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Keputusan Pemko Medan Tak Tutup Isoter Dinilai Tepat

Keputusan Pemko Medan Tak Tutup Isoter Dinilai Tepat


Fraksi PDIP DPRD Kota Medan menilai kebijakan Pemko Medan tidak menutup lokasi isolasi terpusat (Isoter) bagi pasien corona atau covid-19 sudah tepat.

"Isoter saat ini sangat sedikit pasien nya bahkan ada yang kosong. Keputusan tak mau menutup salah satu dari dua lokasi Isoter milik Pemko Medan sebelum pandemi berakhir dan berubah menjadi endemik adalah keputusan yang sangat tepat dan bijaksana," ujar Ketua Fraksi PDIP DPRD Medan, Robi Barus, Kamis (4/11).


Dengan sepinya pasien, kata Robi, Pemerintah Kota (Pemko) Medan bisa saja menutup salah satu dari dua lokasi Isoter tersebut, khususnya Eks Hotel Soechi yang telah habis masa Build Operate Transfer (BOT) nya pada tahun lalu.

"Logikanya bisa saja eks Hotel Soechi ditutup sebagai lokasi isoter, toh kita punya satu lokasi isoter lagi, yaitu Gedung P4TK di Medan Helvetia. Lalu Hotel Soechi disewakan seperti Medan Mal, uang sewanya bisa jadi PAD bagi Kota Medan. Tapi tidak dilakukan. Kita berharap gelombang ketiga itu tidak sampai terjadi di Indonesia, khususnya di Kota Medan," papar anggota Komisi I ini.

Seperti diberitakan jumlah pasien covid-19 atau virus corona yang dirawat di isolasi terpusat (Isoter) mengalami penurunan. Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Medan, dari 2 tempat isoter yang dikelola mereka saat ini hanya tersisa 5 pasien.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Medan, Mardohar Tambunan, mengatakan, dari 2 tempat isoter yang dikelola hanya eks Hotel Soechi masih terisi pasien. Sedangkan di gedung putih Helvetia (gedung P4TK) sudah tidak ada lagi pasien corona.

"Alhamdulillah, di gedung P4TK saat ini tidak ada satu pun pasien alias kosong. Sedangkan untuk gedung eks Hotel Soechi, saat ini hanya ada 5 pasien, itu pun sepertinya sudah bisa pulang dalam beberapa hari ini," ujarnya.

Dikatakan Mardohar, hal itu juga sebagai salah satu indikator minimnya penyebaran covid-19 di Kota Medan. Namun begitu, dia memastikan isoter yang ada tidak akan ditutup. (ali)

Tags

Posting Komentar