News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ikan Mas Raksasa dari Danau Toba Berhasil Ditangkap, Warganet Ketakutan!

Ikan Mas Raksasa dari Danau Toba Berhasil Ditangkap, Warganet Ketakutan!

 

Ikan mas raksasa

Baru-baru ini netizen di Twitter dihebohkan dengan penemukan ikan mas raksasa, yang ukurannya berkali-kali lipat lebih besar dari ukuran ikan mas pada umumnya. Ikan mas raksasa ini pertama kali diunggah oleh akun Twitter @ZOO_FESS (02/11), ikan tersebut diambil dari Danau Toba.

Netizen justru menyarankan agar ikan mas itu dikembalikan ke Danau Toba, dan jangan dimasak apalagi dimakan. Karena mereka percaya bahwa ikan mas itu merupakan penunggu Danau Toba, yang sering disebut juga sebagai 'Mamak Samosir'.

"Eh mending kau balikan aja (ikan mas) daripada kita ke bencana. Kalau kata mamak ku, ini (ikan mas) adalah mamaknya Samosir," saran @rose**.

"Mending dibalikin gak sih? Kata adat istiadat, di sana kalau nemu ikan besar gini harus dibalikin. Karena dipercaya sebagai penjagau danau. Soalnya ada kejadian kapal tenggelam ya gara-gara ikannya diambil," tulis @yok***.

"Wah harus dibaliki lagi sih ini kalau nemu ikan yang sebesar ini. Menurut kepercayaan orang Toba, ikan ini bisa mendatangkan bencana kalau gak dibalikin lagi. Mungkin mitos, tapi sebaiknya dihargai adat di sana dan jangan dibawa pulang. Bisa dibilang ikan-ikan besar di sana sebagai penjaga Danau Toba," pungkas @olla**.

Karena cerita kepercayaan masyarakat ini, banyak orang terutama penduduk sekitar yang percaya bahwa menangkap atau mengambil ikan mas berukuran besar, bisa menyebabkan bencana dan tragedi.

Ikan mas dari sana dipercaya merupakan penjaga Danau Toba. Banyak juga yang bilang bahwa ikan mas di Danau Toba yang berukuran besar, merupakan wujud lain dari putri atau ibu dari Samosir. Sehingga sering disebut sebagai 'Mamak Samosir'.

Meskipun menurut data dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), ikan mas bukanlah fauna endemik atau ikan asli dari Danau Toba. Ikan asli Danau Toba merupakan ikan batak atau ihan, yang terancam punah. (dtk)

Tags

Posting Komentar