News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tol Tanjung Mulia-Marelan Dibuka, Dari Binjai Bisa Langsung ke KNIA

Tol Tanjung Mulia-Marelan Dibuka, Dari Binjai Bisa Langsung ke KNIA

 


Jalur tol Medan-Binjai seksi 1 Tanjung Mulia-Marelan resmi dibuka untuk umum, Kamis (3/11/2021) pagi tadi. Dengan begitu akses dari Kota Binjai menuju Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA) lebih mudah karena sudah terhubung, begitu juga sebaliknya.


Project Director PT Hutama Karya, Hestu Budi Husodo, menjelaskan Tol Medan-Binjai Seksi 1 Tanjung Mulia-Marelan memiliki panjang 4,2 kilometer. Dengan begitu Tol Medan Kualanamu Tebing Tinggi (MKTT) dan Tol Belawan Tanjung Morawa (Belmera) sudah terintegrasi.


“Sesuai dengan pengoperasian semua sudah sudah ada terintergrasi semua sudah ada peralatan sehingga pengguna jalan Medan-Binjai menyambung," jelasnya.


Hestu menjelaskan dengan dioperasikannya jalan ini sangat menjadi kunci lalu lintas, dari Binjai menuju Kualanamu atau Belawan. Ia berharap dengan diresmikannya ruas tol ini memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat. Diperkirakan, volume kendaraan yang melewati jalur tol Medan-Binjai akan meningkat 10 hingga 15 %.


"Secara lalu lintasnya 21 ribu (kendaraan) per hari, dan itu sangat mengurangi kemacetan sangat membantu sekali mempengaruhi kemacetan di Kota Medan. Dari Belawan dapat langsung ke Binjai, dari Kualanamu dapat langsung ke Binjai," katanya.


Mengenai tarif hingga saat ini belum ditetapkan oleh kementerian terkait. “Sekarang ini masih bersifat sosialisasi lah kepada masyarakat, tanpa tarif untuk satu ruas yang ini aja," pungkasnya.


Sementara, Teddy Rosady Kepala Regional Jasa Marga Nusantara menerangkan dengan dioperasikannya ruas jalan Tol Simpang Susun (Tol Medan-Binjai Seksi 1 Tanjung Mulia-Marelan) ini, maka kemacetan di gerbang tol Tanjung Mulia akan berkurang signifikan.


"Kami prediksi kemacetan di Tanjung Mulia akan berkurang, sekitar 20 persen kendaraan akan langsung dari Simpang Susun ini menuju ke arah Binjai," tukasnya. (mbd)

Tags

Posting Komentar