News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Menyusuri Sungai Deli Dari Titi Kuning ke Titi Papan, Ada Pemandangan 74 Gunung Sampah

Menyusuri Sungai Deli Dari Titi Kuning ke Titi Papan, Ada Pemandangan 74 Gunung Sampah

Gunung sampah di sungai deli


 Yayasan Komunitas Peduli Anak dan Sungai Deli (Kopasude) yang fokus dalam kegiatan pendidikan anak dan pelestarian Sungai Deli menemukan puluhan titik gunung sampah di sepadan Sungai Deli. Temuan ini mereka dapatkan, saat melakukan pendataan dengan cara menyusuri sungai tersebut, Minggu (28/3/2021).

Ketua Kopasude Agung Rizki, mengatakan, pendataan yang dilaksanakan itu merupakan program Kopasude. Dia menjelaskan, dari sepanjang 23,5 km jarak yang diarungi, mulai dari Titi Kuning di Kecamatan Medan Johor hingga Titi Papan di Kecamatan Medan Marelan, tercatat sebanyak 74 titik buangan sampah yang berada di Sungai Deli.

"Sangat disayangkan masyarakat belum menyadari bahwa sampah yang dibuang di sepadan Sungai Deli sangat mengancam kehidupat biota air, kualitas air Sungai Deli dan ancaman lainnya," ungkapnya, Rabu (31/3/2021).

Padahal menurut Agung, Sungai Deli merupakan titik nadi bagi masyarakat Kota Medan dalam menopang kebutuhan air bersih.

"Selama pengarungan yang memakan waktu kurang lebih 8 jam ini, kami masih banyak melihat betapa pentingnya Sungai Deli bagi masyarakat Medan. Mulai dari mencuci, memancing, serta beribadah kami temukan selama pengarungan yang dilakukan," jelasnya.

Agung mengaku, sebenarnya pihaknya berencana melakukan pendataan sampai ke kawanan Belawan. Namun karena kurangnya waktu dan fisik yang sudah lelah, akhirnya pendataan dihentikan sampai Titi Papan saja.

Agung menerangkan, dalam pendataan ini bukan saja menemukan pembuangan sampah di sepanjang Sungai Deli, melainkan Kopasude juga menemukan banyaknya bangunan yang memakan sepadan sungai dan titik pembuangan limbah pabrik.

"Insya Allah, data yang kita dapat ini akan kita sampaikan kepada Walikota Medan sebagai bentuk kolaborasi Kopasude agar menciptakan Sungai Deli yang bersih," pungkasnya. (mbd)

Tags

Posting Komentar