News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Riset Ilmiah : Monyet di Pura Uluwatu Bali Bisa Bedakan Barang Mahal

Riset Ilmiah : Monyet di Pura Uluwatu Bali Bisa Bedakan Barang Mahal

 


Makalah yang diterbitkan dalam jurnal sains Royal Society, mempelajari monyet di Pura Uluwatu, Bali, Indonesia, yang sering mencuri barang dari manusia - seperti tas, topi, kacamata hitam, tablet dan telepon. Mereka lalu menahannya untuk ditebus dengan imbalan makanan.


Ditemukan bahwa monyet kera ekor panjang liar dewasa cukup cerdas untuk memahami barang mana yang memiliki nilai tertinggi bagi pengunjung, seperti barang elektronik, dan hanya akan melepaskan barang tersebut setelah menerima makanan yang mereka anggap memiliki nilai yang sesuai.


Para penulis mengatakan perilaku tersebut menunjukkan "proses pengambilan keputusan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya" di antara monyet yang diamati sebagai bagian dari penelitian.


Alasan monyet merampas barang

Mengutip CNN Travel, para ilmuwan, dari Universitas Lethbridge, Kanada, dan Universitas Udayana, Indonesia, mengamati bahwa, selain mampu "menggunakan benda sebagai simbol token untuk meminta imbalan makanan tertentu," kemampuan monyet untuk barter berhasil meningkat seiring bertambahnya usia dan pengalaman.


Ada "asosiasi perilaku yang jelas antara kepemilikan benda bernilai dan kualitas atau kuantitas makan bagi monyet sub-dewasa dan dewasa," kata penulis, dengan menyebutkan bahwa monyet yang lebih tua "secara istimewa" memilih benda bernilai lebih tinggi.


Riset yang dipublikasikan Senin (11/1) itu dilakukan selama 273 hari dari tahun 2015 hingga 2016, dengan observasi lebih lanjut dilakukan pada 2019.


Para ilmuwan mendokumentasikan monyet saat mereka menatap pengunjung, mendekati mereka secara tidak mencolok, mengambil sebuah benda, dan kemudian melangkah ke samping menunggu persembahan yang sesuai.


Monyet dewasa mengumpulkan "beberapa hadiah makanan sebelum mengembalikan barang yang diambilnya" di mana benda itu bernilai tinggi, dan "lebih mungkin" untuk menerima "hadiah makanan yang kurang disukai" dengan imbalan item bernilai lebih rendah, kata studi tersebut.


"Konsep mengambil barang atau barter barang dengan makanan adalah tugas yang menantang secara kognitif bagi monyet Uluwatu yang mengungkapkan proses pengambilan keputusan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata para penulis.


"Praktik yang spontan, dalam populasi yang spesifik, lazim, lintas generasi, terpelajar dan dipengaruhi secara sosial ini mungkin merupakan contoh pertama dari ekonomi token yang dipelihara secara budaya pada hewan yang berkeliaran bebas." (cnn)

Tags

Posting Komentar