Mencekam! Air Bah Datang Tiba-tiba, 11 Warga Sergai Terjebak

 


Satu keluarga yang terdiri dari 11 orang, yakni 7 dewasa dan 4 anak-anak terjebak di Sungai Kotarih yang berlokasi di Kabupaten Sergai, Senin malam, 11 Januari 2021. Semula 11 orang tersebut sejak sore hari sedang bermain air di sungai. Saat itu debit air sungai biasa saja. Namun, mendadak air bah datang.


"Saat air bah datang membuat 11 orang tersebut panik dan langsung naik ke atas batu besar yang berada ditengah sungai dan tidak berani untuk menyeberang ke tepi," ujar Kepala Kantor SAR Medan, Toto Mulyono.


Hingga malam hari, lanjut dia, tidak ada tanda-tanda air sungai akan surut. Bahkan, arus air sungai semakin deras hingga akhirnya warga menghubungi Kantor SAR Medan untuk meminta pertolongan.


"Begitu kita dapat informasi, saya langsung memerintahkan Kepala Siaga Harian untuk memimpin pergerakan Personil yang siaga untuk segera bergerak menuju lokasi, karena saya khawatir jika semakin lama debit air semakin tinggi maka akan membahayakan keselamatan warga," ungkapnya.


Tim yang berangkat ke lokasi, kata dia, membawa 2 perahu yang terdiri dari 1 perahu LCR dan 1 Perahu Rafting untuk memaksimalkan evakuasi para korban secepat mungkin.


"Seluruh korban yang terjebak berhasil dievakuasi menggunakan perahu rafting dan menggunakan sistem tali temali menuju tepi sungai hingga sekitar pukul 03.05 WIB dini hari," jelasnya.


Beruntung tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. (mbd)


Bagikan Gratis :


Loading...

Tidak ada komentar