Tanggul PDAM Tirtanadi Jebol, Kampung Lalang Jadi "Danau"

 


Tingginya intensitas curah hujan di Medan dan sekitarnya sejak beberapa hari ini, menyebabkan tanggul PDAM Tirtanadi jebol karena tidak mampu menahan tingginya debet air di Sungai Kampung Lalang.


Jebolnya tanggul PDAM Tirtanadi ini, Jum'at (4/12) sekitar pukul 03.00 WIB menyebabkan pemukiman penduduk di sekitar aliran sungai tersebut terendam air. 


Bahkan, Simpang Kampung Lalang sejak subuh hingga pukul 09.00, kondisinya seperti danau. Ratusan pengendara sepeda motor yang coba melintasi Simpang Kampung Lalang, terlihat mogok.


Otomatis, para pengendara roda dua di dua arah, baik dari Binjai ke Medan dan sebaliknya, tertahan tidak dapat melanjutkan perjalanan.


Dari pantauan media ini, rumah pendudul di sekitar Jln.Damai, Paya Geli, Medan Krio dan pemukiman-pemukiman di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampung Lalang, juga terendam banjir. Beberapa penduduk yang rumahnya terendam air, sibuk menyelamatkan barang-barang serta banyak yang mengungsi di masjid-masjid.


Beberapa Polantas segera mengatur kemacetan yang terjadi dan mengarahkan para pengendara sepeda motor untuk berbalik arah. Sementara untuk kendaraan jenis truk, yang semula enggan menerobos banjir di Simpang Kampung Lalang, disarankan untuk melanjutkan perjalanan.


Salah seorang pengendara, Elita, warga Jln.Damai, Desa Paya Geli, Kec.Medan Sunggal, mengatakan bahwa saat ini rumahnya sudah terendam banjir.


"Saya bingung, rumah terendam banjir. Anak-anak di rumah semua. Tapi sekarang saya mau pulang ke rumah, malah gak bisa lewat. Untung aja anak-anak sudah besar-besar dan bisa naik ke lantai atas rumah," ujarnya.(lkt-1)


Bagikan Gratis :


Loading...

Tidak ada komentar