News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cuaca Ekstrem, Medan Denai Diguyur Hujan Es

Cuaca Ekstrem, Medan Denai Diguyur Hujan Es


Video hujan es di Kota Medan saat dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir, pada Selasa (15/9) sore sekira pukul 16.00 WIB, viral di media sosial (medsos).

Dalam video itu, hujan deras terlihat mengguyur Kota Medan. Tampak ada butiran es ikut jatuh di atap rumah warga. Video itu diduga diambil seorang warga yang tinggal Jalan Jermal 4, Medan Denai, Kota Medan.

Video tersebut diunggah Suhendra Ardiansyah pada beberapa jam lalu di laman Youtube. Video itu kemudian menyebar ke sejumlah medsos dan viral.

Bukan kali ini saja terjadi hujan es di Kota Medan, namun kejadian ini masih terbilang langka.

Menanggapi kejadian itu, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan, Edison Kurniawan, mengatakan hujan es bisa terjadi karena uap air yang sangat dingin di atmosfer. Hujan es akan terbentuk dengan ukuran 5-50 mmn

Ia menjelaskan, salahsatu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air yang sangat dingin di atmosfer pada lapisan di atas titik beku (freezing level). “Awan yang tinggi puncaknya melebihi titik beku ini akan memiliki bagian atas yang suhunya lebih rendah dari nol derajat Celcius. Sehingga awan tersebut mempunyai peluang sangat besar memproduksi es,” ujarnya, Selasa (16/9).

Namun Edison mengaku, belum bisa memastikan video viral tersebut benar hujan es atau bukan. Menurutnya, butiran es memang bisa turun bersama hujan. Butiran es ini akan tetap terlihat karena tidak seluruhnya mencair meski turun ke tempat yang lebih hangat.

“Saat sudah cukup waktunya untuk hujan, butiran atau bahkan gumpalan es juga ikut jatuh ke permukaan bumi. Akibat ukurannya, walaupun es telah turun ke arah yang lebih rendah dengan suhu yang relatif hangat, tidak semuanya dapat mencair,” tukasnya. (sp)

Tags

Posting Komentar