News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

BI Gelar KKSU 2020 ‘Pesona Kain dan Kopi Sumut’

BI Gelar KKSU 2020 ‘Pesona Kain dan Kopi Sumut’

Perkenalkan Kekayaan Alam & Warisan Budaya


Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumut menggelar Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2020 bertema ‘Pesona Kain dan Kopi Sumatera Utara’ di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Jalan Gatot Subroto Medan, Jumat (28/8) sampai Minggu (30/8).

“Kegiatan ini digelar guna memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumatera Utara,” kata Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat, Jumat (28/8).

Wiwiek menuturkan, pameran KKSU merupakan pameran pertama yang digelar BI secara semi virtual di tahun 2020, di tengah kondisi pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi secara virtual dari Jakarta.

Dijelaskannya, KKSU 2020 ini digelar untuk terus memperkenalkan kekayaan alam dan warisan budaya kain di Sumut. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan mengakselerasi kebangkitan UMKM di tengah pandemi Covid-19, serta mendorong UMKM dalam memanfaatkan peluang untuk bertransformasi dan berinovasi di era digital, khususnya produk UMKM di bidang fesyen, kuliner dan kopi.

Disebutkannya, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu terdiri dari berbagai rangkaian acara.

Di antaranya, webinar ‘Kiat Sukses Pengrajin Kain Tradisional/Daerah Menghadapi Pasar Global melalui Pemasaran Digital’ oleh Desainer Didiet Maulana, Jumat (28/8) dan Talkshow ‘Coffeepreneurs Think Globally’ oleh Haris Hartanto (founder Coffeenatics) dan Mikael Jasin (Juara Barista Nasional 2019 Sabtu (29/8).

Kemudian di hari yang sama, juga ada lomba Latte Art Coffee, seminar ‘Menggali Kejayaan Kain Daerah untuk Nusantara di Era Digital’ oleh Desainer Wignyo Rahadi, Sabtu (29/8), fashion show dan lomba desain baju etnik serta showcasing dan bazaar produk UMKM sektor fashion, food dan ragam produk kopi Sumut Minggu (30/8) oleh UMKM binaan KPw BI Sumut, Sibolga, dan Pematangsiantar.

Ia menyebutkan, ada 18 UMKM binaan BI yang menampilkan produknya di pameran tersebut. Seluruh rangkaian acara tersebut juga dapat disaksikan melalui website KKSU 2020 dan live streaming melalui akun youtube KPw BI Sumut.

“Selain menyelenggarakan pameran KKSU untuk memajukan UMKM Sumut, kami bersama stakeholder terkait juga terus mendorong transformasi UMKM di bidang digitalisasi baik dari sisi produksi, pemasaran, pembiayaan, maupun pembayaran,” kata Wiwiek.

Menurutnya, upaya tersebut sejalan dengan tema besar BI dalam mendorong agar UMKM ‘naik kelas’ dan turut berkontribusi terhadap pencapaian tujuan BI dalam menciptakan kestabilan harga maupun nilai tukar serta penurunan defisit transaksi berjalan.

Selain itu, pengembangan UMKM juga diarahkan pada integrasi platform digital dengan makin dominannya interaksi merchant-platform-consumer. Antara lain mendorong penggunaan QR Indonesian Standard (QRIS) yang menjadi ujung tombak dalam mendukung transaksi UMKM yang semakin cepat dan efisien. (*/ali)

Tags

Posting Komentar