News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ajaib!! Klepon pun Jadi Korban Buzzer Buat Bahan Adu Domba

Ajaib!! Klepon pun Jadi Korban Buzzer Buat Bahan Adu Domba


Kelakuan buzzer kali ini sungguh keterlaluan. Entah salah minum obat apa mereka, sampai-sampai klepon jadi sasaran. Jadi bahan adu domba.

Makanan tradisional berbentuk bulat, terbuat dari ketan berisi gula merah itu disebut-sebut tidak Islami.

Kehebohan dipicu oleh sebuah meme yang beredar di dunia maya. Foto klepon berwarna hijau, ditaburi kelapa parut itu sungguh membuat air liur langsung meleleh.

Tapi tunggu dulu. Caption di bawahnya membuat dahi langsung berkerut.

“KUE KLEPON TAK ISLAMI. Yuk tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajanan islami, aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami.”

Di bawah caption itu tertulis nama Abu Ikhwan Aziz.

Sekilas meme tadi mengesankan sebuah iklan dari toko kurma yang dimiliki orang bernama Abu Ikhwan Aziz.

Dilihat dari namanya saja sudah jelas siapa pemilik toko ini. Apalagi tokonya khas banget, jualan kurma.

Siapa lagi pemiliknya kalau bukan Kadrun alias kadal gurun. Sebuah sebutan pengganti untuk pendukung 02 yang sebelumnya bernama kampret.

Di medsos sejumlah akun langsung menggorengnya. Mempertentangkan Islam dan budaya lokal. Pro kontra, caci maki langsung bermunculan. Ada juga yang masih coba berpikir waras. Mencoba meredakan ketegangan.

(Kerjaan BuzzeRp)

Siapa sesungguhnya Abu Ikhwan Aziz ini? Dan dimana toko kurmanya berada?

Sejumlah media yang mencoba menelesurinya tidak bisa menemukan “toko kurma” milik Abu Ikhwan.

Nama itu juga tidak pernah eksis sebelumnya. Ketika coba digoogling,  nama itu hanya muncul pada artikel media yang membahas kontroversi “klepon tidak Islami.”

Dapat dipastikan nama Abu Ikhwan juga dicomot begitu saja, seperti halnya foto klepon tadi.

Rupanya ada yang sedang coba bermain api. Menciptakan kegaduhan di balik klepon dan nama “Abu Ikhwan Aziz.”

Adu domba. Mencoba menyudutkan umat Islam melalui narasi remeh temeh, klepon tidak Islami. Orang Islam itu memang bodoh dan konyol banget.

Duduk soalnya menjadi semakin jelas ketika Drone Emprit besutan Ismail Fahmi menelusuri percakapan di medsos.

Foto klepon itu dicomot begitu saja dari Pinterest.  Kemudian diberi narasi yang menghasut. Si penghasut ini kemudian mengunggahnya di medsos.

Dari penelusuran Drone Emprit heboh perkleponan itu  dimulai di Facebook, kemudian ramai di twitter. Setelah itu muncul di media online dan Instagram.

Melalui penelusuran dapat diketahui siapa yang pertamakali mengunggah dan kemudian meramaikannya.

Percakapan  dimulai dan diramaikan oleh kluster akun pendukung pemerintah. Mereka sering disebut sebagai buzzeRp, alias buzzer  bayaran.

Temuan Drone Emprit membuat banyak pegiat medsos, terutama mereka yang masuk dalam kluster netral hanya bisa geleng-geleng kepala. Tapi banyak juga yang geram.

Selebgram Awkarin bahkan sampai membuat feed berupa klepon yang dilemparkan ke atas, kemudian ditangkap mulutnya. Sambil mengunyah klepon, dia mengacungkan jari tengahnya.

"Buat buzzeRp yang kerjanya mecah belah bangsa. Fight me bitj #KleponLivesMatter," tulisnya pada keterangan unggahan di Instagramnya itu, Rabu, 22 Juli 2020.

Kasus ini makin membuktikan perilaku buzzer yang merusak. Mereka tak peduli bangsa tengah menghadapi krisis. Terjadi pembelahan yang kian dalam antara pendukung dan penentang pemerintah.

Hanya untuk bayaran berupa uang receh, mereka bergembira ria menggali lubang kubur bangsa lebih dalam. end

Oleh Hersubeno Arief

Tags

Posting Komentar