Tangani Corona, PSI Kritik Jokowi dan Dukung Anies Baswedan

  

Partai Solidaritas Indonesia atau PSI mengkritik kebijakan pemerintah pusat dalam menanggulangi penyebaran virus corona.

Juru bicara PSI Dara Nasution mengatakan, partai menganggap perlu adanya banyak perbaikan dari pemerintah dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran virus corona.

"Terutama dalam aspek kesiapan medis, pengerahan sumberdaya aparatur pemerintah untuk mengidentifikasi, membangun database, alokasi anggaran, dan pengaturan ruang publik," kata Dara di kantor pusat PSI, Jakarta Pusat.

Menurut Dara, komunikasi publik pemerintah juga masih kurang terukur dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

Sementara itu, Anggota DPRD DKI Fraksi PSI mendukung langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan izin Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengecekan tes virus corona atau Covid-19 kepada warganya. Dukungan itu bila kapasitas Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) DKI menunjang.

"Prinsipnya mengapa ini penting untuk diberikan otoritas ke daerah agar bisa segera membantu pemerintah pusat. Agar proses deteksi dan penentuan hasilnya cepat," kata Ketua Fraksi DPRD DKI PSI Idris Ahmad, di kantor DPP PSI, Jakarta, Jumat, 13 Maret 2020.

Kita bisa tracing lebih cepat epidemologinya, bisa langsung melihat alur penyakitnya.

Idris menambahkan, ketika pemerintah daerah mendapatkan izin pengecekan mandiri maka upaya memerangi hingga mencegah virus corona merebak dapat dibatasi. Bahkan, kata dia, riwayat tracking atau perjalanan terhadap mereka yang dideteksi positif corona dapat ditelusuri.

"Kita bisa tracing lebih cepat epidemologinya, bisa langsung melihat alur penyakitnya, sehingga kita bisa menutup atau melakukan rencana lanjutan terhadap lokasi penyebaran dan penyebabnya," ujarnya.

Bagikan Gratis :


Loading...