Mau Buat Handsanitizer, Polda Sumut Baru Tau Bahannya Mahal dan Sulit Dicari


Jajaran anggota kepolisian dari Polda Sumatera Utara (Sumut) mengakui sulit mencari bahan-bahan pembuat cairan antiseptik atau pembersih tangan. Bila ada harga bahan baku tersebut sangat mahal.

Kasub Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan, sejumlah bahan utama pembuatan hand sanitzer tersebut yakni Etanol, Gliserol/Gliserin, H2O2, serta Aquades.

"Bahan bakunya sulit diperoleh. Kalaupun ada di pasar, harganya sangat mahal," kata Nainggolan di Kota Medan, Sumut, Sabtu (21/3/2020).

Menurut dia, cairan antiseptik buatan Polda Sumut ini sesuai standar formula dari WHO. Cairan pembersih tangan ini akan dibagi kepada setiap personel pada saat apel pagi.

"Hasil yang dicapai telah dikemas dalam ukuran 50 ml sebanyak 1.300 botol dan kemasan 100 ml sebanyak 40 botol," ujar dia.

Jajaran Polda Sumut serius dalam mencegah penyebaran virus korona. Selain pemberian hand sanitizer, anggota kepolsian juga akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh.

"Hal itu merupakan perintah Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, dan seluruh ruangan kerja di Mapolda harus bersih untuk menghindari wabah virus Corona," katanya. (inews)

Bagikan Gratis :


Loading...