Siap-siap... Medan Masuk Musim Kemarau


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memprediksi, memasuki pertengahan bulan Februari hingga Maret mendatang, Kota Medan dan sekitarnya diprediksi telah memasuki musim kemarau.

Namun, meski telah memasuki musim kemarau, curah hujan masih akan terjadi di Kota Medan dan sekitarnya. 

“Perkiraan kami, secara umum Kota Medan dan wilayah lainnya di Sumut telah memasuki musim kemarau.
Bukan berarti tidak ada hujan sama sekali. Dan menurut catatan kami, hal ini masih akan berlangsung hingga bulan Maret mendatang,” ucap Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Erida, kemarin.

Dikatakan Erida, hal itu bisa terjadi karena topografi wilayah Sumatera Utara yang terletak di equatorial atau garis equator.

“Secara umum kita dalam satu tahun dua kali musim kemarau dan dua kali musim hujan. Tapi saat kemarau bukan berarti tidak ada hujan. Tapi jelas saat ini kita sudah memasuki musim kemarau, bukan musim hujan,” ujarnya.
Walaupun memasuki musim kemarau, lanjut Erida, suhu udara yang terjadi di Kota Medan dan sekitarnya masih terbilang wajar.

“Pantauan kami, saat ini suhu maksimal itu masih sekitar 33 derajat, hal ini juga masih akan terjadi hingga bulan Maret mendatang,” paparnya.

Sedangkan untuk hujan yang terjadi selama musim kemarau di Kota Medan dan sekitarnya, diprediksi masih relatif aman dari cuaca ekstrem seperti angin kencang hingga intensitas hujan dalam periode dan intensitas tinggi yang menyebabkan banjir.

“Hujan masih akan terjadi, bisa juga dengan intensitas sedang sampai tinggi. Tetapi itu hanya secara intensitasnya. Secara periode, curah hujan sudah lebih rendah,” pungkasnya. (fm)

Bagikan Gratis :


Loading...