Header Ads

452,5 KM Jalan Kota Medan Rusak, Plt Dinas PU : Paling tidak jalannya tidak bergelombang


Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), panjang jalan berstatus jalan kota di Kota Medan yakni 3.017,40 km.

Plt Dinas PU Kota Medan, Zulfansyah memperkirakan ruas jalan dalam kondisi rusak tidak signifikan dari total panjang jalan yang berstatus Jalan Kota Medan. Hanya, dia tidak menyebut angka pasti jumlah panjang jalan yang ada di Medan. "Sekitar 15% (jalan rusak)," ujarny.

Jika panjang jalan 3.017,40 km, maka 15 % adalah 452,5 km. Artinya ada 452,5 km jalan di Kota Medan yang berstatus Jalan Kota Medan dalam kondisi rusak.

Untuk diketahui, ada dua jenis jalan di Kota Medan. Pertama status jalan kota yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Kota (Pemko) Medan. Kedua jalan provinsi yakni jalan yang menjadi tanggungjawab Pemprov Sumut. Berdasarkan data BPS jumlah panjang jalan provinsi di Medan mencapai 34,662 Km.

Zulfansyah mengakui alokasi anggaran yang tersedia di tahun 2020 tidak cukup menyentuh seluruh jalan rusak. Maka dari itu cara mensiasatinya adalah dengan pemeliharaan.

Walaupun diakuinya pemeliharaan jalan tidak memiliki umur ekonomis atau data tahan yang panjang

"Paling tidak jalan itu tidak bergelombang, jarak tempuh lebih singkat. Kalau jalan rusak kan banyak mengerem (kendaraan)," jelasnya. (fm)

Bagikan Gratis :


Loading...