News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Even KUMKM Terbesar Digelar di Pasar Kedan, Yang Mau Ikut Cek Syaratnya di Sini

Even KUMKM Terbesar Digelar di Pasar Kedan, Yang Mau Ikut Cek Syaratnya di Sini


Plt Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Sumut, Haykal Amal sedang memberikan keterangan di Gedung pameran UMKM PRSU, Senin sore (2/12).  (ist)

Event Promosi dan Pasar Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) 2019 terbesar bertema 'UKM Naik Kelas, Sumut Bermartabat' akan digelar di Pajak Kedan, Komplek MMTC Pancing, Kabupaten Deliserdang, Jumat hingga Minggu (6-8/12) mendatang.

Event ini diselenggarakan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Sumatera Utara (Diskop UKM Sumut) dan terbesar karena melibatkan 350 Usaha Mikro Kecil Menengah di Sumut.

Plt Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Sumut, Haykal Amal didampingi Kepala UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sumut, Marzuki menjelaskan, kegiatan ini bentuk upaya pemerintah dalam mengapresiasi dan mengakomodir kreativitas para pelaku UKM di Sumut serta mendorong pemasaran produk mereka.

"Upaya mereka ini harus dihargai, salah satunya dengan pameran ini. Kita ingin melihat sejauh mana UMKM ini bisa memasarkan produknya sehingga UMKM ini mampu 'naik kelas'. Sebab, salah satu indikatornya adalah adanya peningkatan omzet, sehingga dalam acara ini kita harapkan adanya peningkatan transaksi," jelasnya, Senin (2/12).

Dengan adanya peningkatan transaksi, diharapkan UMKM itu bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja. Menurutnya, melalui pameran tersebut masyarakat bisa mengetahui berbagai produk UMKM, tidak hanya dari Kota Medan namun juga Siantar, Padangsidempuan, dan lainnya.

Pajak Kedan yang berada di kawasan MMTC Jalan Willem Iskandar sengaja dipilih sebagai venue karena pangsa pasarnya bagus dan sesuai dengan pangsa pasar UMKM. "Ada 350 stan UKM yang meramaikan pameran ini, mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan,” ujarnya.

Even ini juga akan dimeriahkan pertunjukan artis iukota Juara Rising Star Indah Nevertari serta diramaikan berbagai rangkaian acara lain seperti seminar UMKM (talkshow), band festival, lomba mewarnai anak, lomba busana daerah anak, standup comedy dan pagelaran busana oleh desainer Kota Medan. Setiap hari Promosi dan pasar KUKM ini dibuka gratis untuk umum mulai pukul 10 sampai 22 WIB.

Ia menggarisbawahi, dalam pameran itu UMKM yang berpartisipasi adalah UMKM yang telah menjalankan usahanya dan sedang mencari pasar, bukan yang sedang memulai usahanya. Hal itu sejalan dengan visi misi Gubernur Sumut agar para pelaku UMKM bisa melakukan mata pencaharian mereka dengan cara yang menyenangkan.

"Pameran adalah salah satu ajang promosi yang efektif karena tak sedikit masyarakat yang melakukan pembelian kembali pasca diadakannya pameran. Karena itu, kami berharap ada transaksi yang signifikan karena kami masih memetakan bagaimana kebiasaan masyarakat Sumut dalam membeli produk. Melalui acara ini, saya harap respon masyarakat bisa terbangun. Hasil dari pemetaan ini juga bisa dilihat produk-produk unggulan UKM apa yang ada di Sumut," tandasnya.

Panitia memperrsilahkan bagi UKM yang berminat bisa mendapatkan informasi dengan menghubungi 082361520636 setiap hari kerja. (ali)

Tags

Posting Komentar