Congrats!!! Jokowi Sosok Terbaik Asia 2019 versi Media Singapura


Surat kabar Singapura The Straits Times memberi gelar kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai sosok terbaik di Asia tahun 2019 atau Straits Times Asian of the Year 2019.

The Straits Times memilih Jokowi di antara sederet para pemimpin Asia lainnya karena dianggap sosok pemersatu saat Indonesia menghadapi masa kekacauan dan gangguan.


Disebutkan, Jokowi dipilih oleh para editor karena kecakapan dan kepintarannya dalam mengarahkan arus lalu lintas politik dalam negeri yang rumit serta urusan internasional.

"Kepribadiannya yang membumi, kemampuan dalam berhubungan dengan banyak orang, serta berempati kepada rakyat jelata, mampu menarik perhatian banyak warga di dalam negeri," demikian pernyataan para editor.

Sementara itu di kancah internasional, Jokowi dipuji atas kemampuannya dalam menghadapi berbagai tantangan strategis.

"Kemampuannya untuk memandang ke luar cakrawala dan bergulat dengan tantangan strategis yang dihadapi negaranya dan kawasan."



Selain itu para editor juga memuji peran Jokowi dalam menempatkan Indonesia di jantung ASEAN, organisasi regional beranggotakan 10 negara, dalam beberapa waktu terakhir.

Disebutkan, para pemimpin ASEAN mengadopsi kosenp "Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik" yang dirancang Indonesia saat KTT ASEAN di Bangkok pada Juni 2019 serta mempertahankan posisi netral ASEAN di tengah meningkatnya persaingan antara China dan Amerika Serikat.

"Adalah Jokowi yang pertama kali memperkenalkan konsep kerja sama berdasarkan prinsip-prinsip utama, termasuk keterbukaan, inklusivitas, dan sentralitas ASEAN, pada KTT Asia Timur di Singapura pada November tahun lalu."

Di sisi lain, Jokowi juga dihadapkan dengan tantangan berat untuk 5 tahun masa pemerintahan peroide keduanya, yakni dengan menghidupkan kembali perekonomian yang lesu hingga memberantas korupsi yang meluas serta mengatasi meningkatnya ekstremisme agama.

Para editor berharap Jokowi tidak akan berkompromi dalam upayanya membangun Indonesia yang demokratis, bebas korupsi, terbuka, toleran, dan inklusif.

Warren Fernandez, pemimpin redaksi Singapore Press Holdings yang memimpin panel penghargaan, mengatakan, gelar ini dimaksudkan untuk menghormati seseorang yang tidak hanya sebagai news maker, namun juga memberikan kontribusi positif bagi Asia.

"Presiden Joko Widodo telah melakukan itu dengan sangat baik. Bukan hanya dia telah memenangkan masa jabatan kedua, tapi juga membawa Indonesia bersama-sama ke depan," katanya.

Ini merupakan tahun kedelapan penghargaan Straits Times Asian of the Year diberikan sebagai pengakuan kepada negara di Asia atau warga Asia yang telah menyumbang dampak signifikan bagi benua selama 12 bulan terakhir.

Editor telah memilih The First Responders, kalangan pribadi, dan organisasi bantuan bencana sebagai Asian of the Year 2018.

Pemenang penghargaan serupa sebelumnya di antaranya pendiri Singapura yang juga mantan perdana menteri Lee Kuan Yew, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan Presiden China Xi Jinping. (ins)

Bagikan Gratis :


Loading...

Tidak ada komentar