Header Ads

Plt Walkot Medan Serahkan Hadiah Lomba Sumur Resapan di Kelurahan Tajir



Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba sumur resapan di wilayah Kelurahan Tanjung Mulia Hilir (Tajir), Kecamatan Medan Deli di halaman Sekolah Tinggi Olahraga & Kesehatan (STOK) Binaguna, Jalan Alumunium Raya, Minggu (3/11). Selain penyerahan hadiah, kegiatan juga dirangkaian dengan senam massal bersama ratusan warga yang sejak pagi hari telah hadir meramaikan lokasi acara.

Lomba sumur resapan merupakan kegiatan yang digelar Kelurahan Tajir untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi sekaligus menanamkan kepedulian pada lingkungan tempat tinggal masing-masing. 

Sebab, sumur resapan bertujuan untuk mengurangi genangan air yang terjadi saat hujan deras melanda. Dengan adanya sumur resapan ini, air dapat mengalir ke dalam tanah dan mencegah terjadinya banjir.
Plt Wali Kota menyampaikan apresiasi kepada Kelurahan Tajir atas inovasi yang dilakukan. Dikatakan Plt Wali Kota, hal tersebut menjadi salah satu wujud nyata bukti kepedulian pada Kota Medan khususnya di wilayah Tajir. Sebab, upaya tersebut memberi kontribusi dalam upaya menangani permasalahan genangan air yang terjadi, sehingga masyarakat tetap dapat merasa nyaman dan aman.

"Kita tentu senang dengan adanya inovasi yang saat ini dilakukan Kelurahan Tajir. Tentu hal ini dapat mengurangi sedikit demi sedikit permasalahan genangan air yang terjadi. Sebab, persoalan klasik yang kita hadapi ini butuh peran serta dan kontribusi serta inovasi dari setiap unsur wilayah di Kota Medan termasuk dengan melibatkan masyarakat," kata Plt Wali Kota.
Selanjutnya, Plt Wali Kota berharap inovasi ini dapat menjadi contoh konkrit bagi wilayah lainnya di Kota Medan. Tujuannya agar setiap titik dapat terbebas dari banjir. "Insya Allah, semoga langkah ini dapat ditiru wilayah lainnya untuk melakukan hal yang sama. Apalagi pada pelaksanaannya, pembuatan sumur resapan tidaklah sulit dan terbilang ekonomis, sehingga bisa dijangkau siapa saja," bilangnya.

Didampingi Kadis Lingkungan Hidup Syarif Armansyah Lubis, Kadis Kebersihan dan Pertamanan (DKP) M Husni, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Azam Nasution, Kabag Humas Arrahman Pane, Camat Medan Deli Fery Suheri dan Lurah Tajir Hendra Syahputra, Plt Wali Kota tidak lupa berpesan kepada seluruh masyarakar untuk senantiasa mewadahi sampah masing-masing.

"Sehebat apapun kita, tidak ada artinya jika kita tidak memberi dan menjadi contoh baik bagi orang lain termasuk dalam hal menjaga kebersihan. Kota Medan ini dapat dibangun jika kita semua bergandeng tangan, bahu membahu menaruh, melakukan dan memberikan yang terbaik. Sebab, sekecil apapun hal baik yang kita lakukan akan sangat berarti bagi kemajuan, keindahan dan kebersihan Kota Medan yang menjadi rumah kita bersama ini," tegasnya dilanjutkan dengan pembagian tumbler gratis untuk masyarakat.

Selanjutnya, usai menyerahkan hadiah, Plt Wali Kota dan seluruh jajaran berjalan menuju lingkugan 15 yang menjadi juara satu lomba sumur resapan untuk melihat langsung sumur resapan yang dibuat oleh masyarakat. Selain untuk melihat sumur resapan, kesempatan tersebut digunakan Plt Wali Kota untuk menyapa dan bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar sekaligus mengecek kondisi drainase di tempat tersebut.

Sesampainya di lingkungan 15, Plt Wali Kota tampak berdiskusi dan menanyakan langsung keunggulan dan manfaat sumur resapan yang dibuat tersebut. Kemudian, Plt Wali Kota melanjutkan perjalanan kembali untuk melihat taman resapan kreasi yang dibuat Kelurahan Tajir di tanah kosong yang sebelumnya menjadi lokasi pembuangan sampah oleh masyarakat.

Camat Medan Deli Fery Suheri didampingi Lurah Tajir Hendra Syahputra mengungkapkan pembuatan sumur resapan di Kelurahan Tajir, Kecamatan Medan Deli sebagai upaya untuk meminimalisir dan mengantisipasi terjadinya genangan air di kawasan tersebut. Sebab, Kelurahan Tajir diapit oleh jalan tol rel kereta api yang membuatnya sulit untuk mengalirkan air ketika hujan deras melanda.

"Lewat sumur resapan ini, air dapat masuk ke dalam tanah, sehingga mengurangi debit air hujan yang tergenang. Alhamdulillah, warga sangat antusias dan mereka menyambut baik langkah yang kita sosialisasikan. Terbukti dengan pembuatan sumur resapan secara suka rela oleh masyarakat. Ini menjadi bukti bahwa warga Kelurahan Tajir peduli akan linglungannya. Semoga langkah ini dapat diikuti kelurahan lain di wilayah Kecamatan Medan Deli," harapnya. (KU)


Loading...

Tidak ada komentar