News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mantap Ini! Kemendagri Luncurkan ADM, Urus KTP, KK, Akta Lahir Cuma 2 Menit!

Mantap Ini! Kemendagri Luncurkan ADM, Urus KTP, KK, Akta Lahir Cuma 2 Menit!


Inovasi terus dilakukan Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri).  Melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil), meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang akan mempermudah warga mengurus dan mendapatkan dokumen dukcapil.

Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arid Fakrulloh menyampaikan, ADM merupakan tempat layanan bagi masyarakat untuk mencetak berbagai dokumen dukcapil, mulai dari KTP elektronik, akta lahir, kartu keluarga, kartu identitas anak (KIA), hingga akta kematian.

"Permohonan dari masyarakat bisa disampaikan secara langsung ke dukcapil atau melalui daring," ujar Zudan dikutip dari keterangan pers-nya, Jumat (15/11/2019).

Dia mengatakan, setelah masyarakat mengajukan permohonan, mereka bisa langsung mencetak dokumen yang diperlukan melalui mesin ADM tersebut.

Sebab, inovasi ADM dirancang khusus agar masyarakat bisa mencetak dokumen dukcapil dengan cepat, mudah, gratis, dan berstandar sama.

"Cukup dari ADM, (mencetak dokumen) tidak perlu ke kantor dukcapil. Sistem ini bekerja dengan pengaman NIK, pin, dan QR code," ucap Zudan.

Tahun ini, pihaknya akan memasukan pengadaan mesin ADM tersebut ke dalam e-catalog sehingga daerah-daerah di Tanah Air bisa mulai membelinya untuk pengadaan tahun depan.

Apalagi, kata dia, sudah banyak daerah yang berencana membeli mesin tersebut.

"Saya yakin kepala daerah yang ingin memberikan layanan terbaik bagi masyarakatnya pasti butuh alat ini," kata dia.

Namun, Zudan memastikan bahwa sejauh ini tidak ada arahan dari Kemendagri mewajibkan daerah-daerah tersebut untuk membeli mesin ADM tersebut. (kmp)

Tags

Posting Komentar