Header Ads

Cuaca Ekstrem, Sumatera Rentan Angin Puting Beliung dan Hujan Es



Memasuki musim peralihan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bakal terjadi hujan es di sejumlah wilayah Indonesia. Untuk itu masyarakat diimbau untuk waspada.

  "Pertengahan November hujan. Hujan es di beberapa wilayah. Kemungkinan ada aja," ujar Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca, BMKG, Miming Saepudin di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur.

Karakteristik hujan es itu terjadi ketika musim transisi, karena ada perbedaan mencolok dengan cerah dan panas kondisinya lembab. Diperkirakan siang dan sore akan hujan dengan angin kencang.

  "Potensi hujan es terutama daerah Jawa barat, Jawa tengah menjelang Desember. Jawa timur juga," kata Miming.

 Hujan es berkaitan dengan cuaca ekstrem. Wilayah yang sudah memasuki musim hujan itu wilayah Aceh, Sumatera, kecuali daerah Sumatera bagian Selatan yang mengawali musim hujan November.

 "Wilayah kalimantan yang sudah cukup basah banyak juga seperti  kalimanatan barat, kalimantan tengah dan daerah sulawesi bagian tengah dan utara udah cukup basah," kata Miming. 

Cuaca ekstrem harus diwaspadai. Intensitas hujan cukup tinggi terjadi di Sumatera. Nantinya hujan ini diperkirakan puting beliung. Maka masyarakat perlu waspada menghadapi terhadap potensi bencana. 

"Imbauan terkait dengan potensi ekstrem potensi puting beliung harus ada pemotongan dahan-dahan yang lebat dan atap rumah permanen yang paten," katanya. (ayb)



Loading...

Tidak ada komentar