News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Celana Cingkrang, Dicap Radikal di Indonesia, Jadi Tren di Luar Negeri

Celana Cingkrang, Dicap Radikal di Indonesia, Jadi Tren di Luar Negeri


Akhir-akhir ini celana cingkrang jadi trending topic di Indonesia. Pasalnya, Menteri Agama yang baru, terang-terangan menyamakan celana cingkrang dengan isu paham radikalisme.

Bahkan Menag pernah mengusir ASN yang bercelana cingkrang. Dan juga berjanji akan membuat peraturan yang melarang cadar dan celana cingkrang di lingkungan pemerintah.

Lucunya, celana cingkrang atau ngantung ini salah satu mode yang sedang booming di luar negeri. 

Celana ngatung atau high water pants ini sebenarnya sudah dikenal sejak 1850-an. Celana ini terinspirasi dari celana yang dipakai anak laki-laki yang tumbuh tinggi namun celana panjangnya terlalu pendek untuk mereka pakai.

Sekilas celana ini juga terlihat mirip dengan celana cropped atau celana capri yang sama-sama punya potongan di atas mata kaki.

Mengutip berbagai sumber, dalam dunia fesyen, high water pants atau celana ngatung ini mulai diperkenalkan di tahun 2004 lalu. Desainer Thom Browne memperkenalkan untuk musim panas.

Browne mengungkapkan celana ngantung yang berpotongan langsung di atas mata kaki ini memperlihatkan sedikit bagian kaki.

Namun dalam perkembangannya, celana high water Browne ini justru punya jarak yang makin tinggi antara sepatu dengan celana. Bagian kaki pun makin banyak terekspos.

Hal ini terjadi karena banyak pria merasa lebih nyaman mengenakannya. Mereka bisa memakai dan memperlihatkan sepatu bagus yang mereka pakai sehingga terlihat lebih cool alias keren.

Celana high water atau celana ngatung ini  juga dikenal sebagai flood pants atau flooders. Nama ini datang karena celananya dianggap ‘aman’ dan tak basah saat terjadi banjir.

Celana cingkrang, celana ngatung, atau celana high water ini akhirnya menjadi sebuah fenomena mode tersendiri. Celana model ini juga merambah ke Asia, termasuk Hong Kong, China dan Korea.

Setiap negara memiliki ikon fesyennya masing-masing untuk memopulerkan celana ngatung. Salah satu yang paling terkenal adalah Michael Jackson. Dia terkenal sebagai orang yang juga memperkenalkan celana ngatung.

Di Hong Kong, ikon fesyen Edison Chen yang punya banyak penggemar juga termasuk orang yang memperkenalkan celana ngatung. Dalam beberapa acara televisi, sang guru fesyen ini mengajari warga Taiwan dan Hong Kong untuk jadi lebih fashionable.

 Dia mengajarkan tentang roll up, menggulung celana panjang agar jadi sedikit lebih pendek. Setelah itu, pemuda di China pun mulai meniru gaya busana Edison Chen.

Sejak boomingnya K-Drama di Indonesia, selebriti tampan Korea banyak memakai celana kain dengan potongan cingkrang atau ngatung. Mereka memadukannya dengan sepatu kulit bertali tanpa kaus kaki.

Mereka memadukan celana cingkrang dengan tambahan kemeja putih dan juga jas formal. Mereka biasanya menggunakan gaya busana ini sebagai sebuah gaya busana formal. Hanya saja, gaya formal ini juga masih terlihat santai, rapi, dan juga cool. (bbs)

Tags

Posting Komentar