Header Ads

74 Gempa Goyang Sulut dan Maluku Utara, 2 Daerah Dihantam Gelombang Tsunami



Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi, gelombang tsunami menghantam wilayah pesisir Sulawesi Utara (Sulut) dan Maluku Utara pascagempa bermagnitudo 7,1 mengguncang daerah tersebut. Namun tergolong tsunami kecil dengan ketinggian di bawah satu meter.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo mengatakan, informasi yang didapat dari BMKG, tsunami terjadi di pesisir Kota Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara dengan ketinggian 0,9 meter dan Kota Bitung, Sulut, ketinggian air mencapai 0,10 meter.

"Tsunami juga terjadi di Kota Ternate, Maluku Utara dengan ketinggian 0,6 meter," kata Agus dalam keterangan pers, Jumat (15/11/2019).

Sebelumnya, BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami pascagempa bermagnitudo 7,1 untuk sejumlah daerah di Sulut dan Maluku Utara. Di antaranya, Halmahera (Maluku Utara), Kota Bitung (Sulawesi Utara) dan Ternate (Maluku Utara).

Namun peringatan dini tsunami tersebut sudah diakhiri pada Jumat (15/11/2019) dini hari tadi. Hanya saja, masyarakat diminta tetap waspada potensi gempa susulan.

Gempa bumi dengan magnitudo 7,1 mengguncang Sulawesi Utara (Sulut) dan Maluku Utara pada Kamis (14/11/2019) malam pukul 23.17 WIB. Peringatan dini tsunami sempat dikeluarkan untuk dua daerah tersebut, dan diakhiri Jumat (15/11/2019) dini hari, pukul 01.45 WIB.


Dari hasil monitoring BMKG hingga pukul 06.59 WIB, ada 74 kali gempa susulan terjadi dan terasa di Sulut dan Maluku Utara. Sementara ini, belum ada laporan terkait kerusakan dan korban jiwa akibat gempa tersebut.



"Tim gabungan dari BPBD bersama TNI dan Polri sedang berupaya melalukan kaji cepat terkait pascagempa tersebut," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo dalam keterangan pers yang diterima iNews.id, Jumat pagi.


Dia meminta, warga sekitar lokasi yang terdampak guncangan gempa tidak panik. Agus juga mengimbau warga jangan mudah terpengaruh kabar tidak benar dan tidak dapat dipertanggung jawabkan.



Berikut deretan gempa susulan bermagnitudo kuat yang dirangkum iNews.id, mengguncang wilayah Sulut dan Maluku Utara sejak dini hari tadi:

1. 03.19 WIB, gempa berkekuatan Magnitudo 5,5 menguncang Halmahera Barat
2. 03.39 WIB, gempa berkekuatan Magnitudo 5,4 mengguncang Kota Bitung
3. 03.54 WIB, gempa berkekuatan Magnitudo 5,3 mengguncang Halmahera Barat
4. 04.12 WIB, gempa berkekuatan Magnitudo 6,1 mengguncang Halmahera Barat
5. 05.15 WIB, gempa berkekuatan Magnitudo 5,2 mengguncang Halmahera Barat
6. 05.42 WIB, gempa berkekuatan Magnitudo 5,3 mengguncang Halmahera Barat



Loading...

Tidak ada komentar