News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bukan Olympia Atau Deli Plaza, Ini Supermarket Pertama dan Tertua di Medan

Bukan Olympia Atau Deli Plaza, Ini Supermarket Pertama dan Tertua di Medan


Ketika masih jaya, Waren Huis merupakan supermarket terlengkap di Kota Medan. Bangunan itu kini masih berdiri tegak di Jalan Hindu Medan, tidak jauh dari Masjid Bengkok.
Dahulu kala, gedung megah Waren Huis adalah supermarket toserba tempat menjual bahan-bahan pangan dan perabotan rumah tangga.
Kini supermarket Waren Huis tidak lagi berfungsi sebagai toko serba ada melainkan difungsikan sebagai kantor organisasi massa. Idealnya, bangunan bersejarah di sekitaran Kesawan dan Ahmad Yani masuk dalam kategori situs cagar budaya yang dilindungi negara.
Taka da yang bisa menolak. Kota Medan dan sejarahnya hanya tinggal cerita.
Gedung Waren Huis pada tahun 2013 silam sempat terbakar dan kini kondisinya berkupak (rusak berpatahan). Di depan pintu masuk Waren Huis tertoreh tulisan, “op den 16:2:1919, werd voor dit gebouw, de eerste, steen gelegd door, Daniel Baron Mackay Burgermeester Van Medan,” diartikan kira-kira seperti ini: “Peletakan batu pertama Waren Huis oleh Wali Kota Medan, Daniel Baron Mackay, pada Hari Minggu, 16 Februari 1919.”

Meski Gedung Waren Huis tampak tidak terawat dan macam “Rumah Hantu.” Tetapi, sesekali masih dikunjungi oleh anak-anak muda yang tertarik dengan wisata sejarah. Hal ini tentu sangat positif sekali untuk memperkenalkan kepada generasi muda bahwa Tanah Deli atau Medan kini sejak dahulu sudah maju pesat.
Waren Huis yang berada di Jalan Hindu sangat menarik untuk diteliti ulang. Mengingat selama ini orang Medan sendiri meyakini bahwa plaza-plaza semacam Olympia, Deli Plaza, Medan Plaza, Perisai Plaza, dan seterusnya adalah supermarket tertua di Kota Medan.
Faktanya, pada tahun 1919 sudah ada toko serba ada yang menjual segala kebutuhan pangan dan rumah tangga. (semedan.com)


Tags

Posting Komentar