News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

3 Caleg Perempuan Petahana Diprediksi Kembali Duduk di DPRD Medan

3 Caleg Perempuan Petahana Diprediksi Kembali Duduk di DPRD Medan



Medan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus merekapitulasi suara Pemilu 2024, termasuk perolehan suara DPRD Medan dari total 5 daerah pemilihan (dapil).

Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan sementara yang dilihat dari laman pemilu2024.kpu.go.id, real count perolehan suara hingga Sabtu (17/2) pukul 17.30 WIB, memperlihatkan sejumlah Caleg incumbent atau petahana perempuan diprediksi akan kembali duduk di kursi legislatif periode 2024-2029.

Mereka adalah Dame Duma Sari Hutagalung dari Partai Gerindra, Margaret MS dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan serta Modesta Marpaung dari Partai Golkar.

Perolehan suara Dame Duma Sari Hutagalung masih tertinggi sementara dari caleg Gerindra lainnya di dapil Kota Medan 1 dengan jumlah suara mencapai 185.

Dari data yang tertera, jumlah suara Gerindra di dapil Kota Medan 1 yang terdiri dari Medan Baru, Medan Helvetia, Medan Petisah dan Medan itu mencapai 20,73 persen, hasil dari penghitungan suara di 254 dari total 1052 TPS yang ada di dapil tersebut.

Jika terpilih, ini merupakan periode ketiga bagi Dame Duma Sari Hutagalung sejak 2014 lalu duduk di DPRD Kota Medan.

Bergeser ke Dapil 2 Kota Medan, caleg perempuan yang diprediksi bakal kembali terpilih adalah Margaret MS.

Data suara masuk di 335 dari 1.173 TPS (28,56%), suara Margaret MS yang berasal dari PDI Perjuangan itu telah mencapai 532 suara.

Perolehan suara Margaret itu merupakan hasil tertinggi di antara caleg PDI Perjuangan lainnya.

Tertera juga, di dapil Kota Medan 2 yang akan memperebutkan 9 kursi yang terdiri dari Medan Belawan, Medan Marelan, dan Medan Labuhan itu capaian suara PDIP mencapai 9,19%.

Meski perolehan masih bersifat dinamis seiring masuknya jumlah suara, diprediksi Margaret MS akan bisa duduk di DPRD di periode keduanya.

Sementara, Modesta Marpaung yang pada Pileg 2024 ini merupakan periode ketiganya, juga diprediksi akan mampu mempertahankan kursi Partai Golkar di DPRD Medan.

Kembali maju dari Dapil Kota Medan 3 yang saat ini memperebutkan 12 kursi yang terdiri dari Medan Timur, Medan Deli, Medan Perjuangan dan Medan Tembung, perolehan suara Modesta Marpaung masih cukup signifikan.

Dilihat dari data real count KPU hasil perhitungan suara yang masuk berasal dari 423 dari total 1.573 TPS yang ada atau 26,89%, sementara ini perolehan suara Modesta Marpaung mencapai 842 suara.

Dari data itu juga tertera suara Golkar di dapil itu sudah mencapai 1.677 suara atau 10,21%.

Diketahui, pada pemilu 2019 lalu, ketiga caleg petahana perempuan ini masing-masing, Dame Duma Sari Hutagalung (Gerindra) memperoleh, 5.250 suara, Margaret MS (PDIP) dengan 8.737 suara serta Modesta Marpaung (Golkar) 6.622 suara. (ali)

Tags

Posting Komentar