News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Orang Batak Harus Tahu Sejarah Ini! Koran Ini Ada Sejak Seratusan Tahun Lalu

Orang Batak Harus Tahu Sejarah Ini! Koran Ini Ada Sejak Seratusan Tahun Lalu

  

Foto : Dokumentasi Prof Ichwan Azhari 


Deposit sejarah Batak  (bukan hanya mitos, tahayul) ada dalam koran koran batak yang luar biasa banyak nya.

 Ada ribuan lembar sejak koran batak pertama kali  terbit tahun 1905, lebih seabad yang lalu. 

Pelopor Pers Batak ini siapa lagi kalau bukan Tuan MH Manullang, tokoh progresif yang sejak usia 19 tahun sudah menerbitkan koran Binsar Sinondang Batak di Tarutung.

 Siapa ada orang Indonesia lebih muda dari Tuan MH Manullang, usia 19 tahun pernah menerbitkan koran di daerah pedalaman pula?

 Koran Binsar Sinondang Batak disetting, dirancang di Tarutung, dibawa naik kuda ke Sibolga, lalu menempuh jalur laut dari pelabuhan Sibolga ke  pelabuhan Padang dan dicetak di Padang.

 Lalu dibawa kembali untuk diedarkan dan dibaca di Tarutung. Luar biasa heroiknya pers perlawanan anak muda 19 tahun ini dalam mengibarkan perlawanan kepada Belanda.

 Setelah Koran Binsar Sinondang Batak itu, Tuan MH Manullang kemudian menerbitkan koran Suara Batak tahun 1919, menyerang pemerintah Belanda secara terbuka, terkena Delik Pers, ditahan dan dipenjarakan Belanda di Cipinang.

Dalam rangka Pameran Tiga Abad Pers di Indonesia, cucu Tuan MH Manullang yakni Bapak Dr.B.Dharma Manullang, mengirimkan 50 edisi koran Soara Batak asli untuk dipamerkan. 

Koran berusia 100 tahun ini dalam kondisi rapuh dan perlu segera penanganan untuk dikonservasi jika tidak ingin bukti sejarah ini hancur menjadi tepung.

 Saksikan Pameran Tiga Abad Pers  di Indonesia , dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN),  Kompleks Gedung Serbaguna Pemprovsu, Jalan Williem Iskander, Medan, 7-12 Februari 2023 (Ichwan Azhari)

Tags

Posting Komentar