News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pelanggan Tirtanadi Banyak Mengeluh, Pemko Medan Didorong Buat PDAM Sendiri

Pelanggan Tirtanadi Banyak Mengeluh, Pemko Medan Didorong Buat PDAM Sendiri

 


Anggota DPRD Medan, Mulia Syahputra Nasution, mendorong Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk membuat perusahaan daerah air minum (PDAM) sendiri. Pasalnya, banyak pelanggan PDAM Tirtanadi Sumut yang mengeluh buruknya layanan yang mereka terima. Apalagi, mayoritas pelanggan PDAM Tirtanadi Sumut adalah warga Medan.

Politikus Partai Gerindra ini menambahkan, berdasarkan PP Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD, maka Pemko Medan sangat layak untuk mendirikan sendiri BUMD sendiri yang bergerak dibidang penyediaan air minum.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 21 Tahun 2020 tentang perubahan atas Permendagri Nomor 71 Tahun 2016 tentang perhitungan dan penetapan tarif air minum, maka Pemko Medan sudah dapat memilih atau menetapkan tarif yang dipakai, apakah tarif batas atas atau tarif batas bawah dari tarif yang telah ditetapkan Gubernur.

“Hari ini Kota Medan tidak bisa menentukan tarif karena PDAM Tirtanadi dikelola oleh Pemprov Sumut, sehingga perlu pengkajian ulang terkait aturan. Apalagi memang sudah seharusnya PDAM Tirtanadi dikelola ke Kabupaten/Kota, karena dari seluruh Indonesia hanya di Sumut lah PDAM yang masih dikelola provinsi,” ujarnya, Selasa (23/3).

Oleh karena itu, Mulia juga turut mempertanyakan, apa yg menjadi dasar dari Pemerintah Provinsi untuk mempertahankan pengelolaan PDAM Tirtanadi.

“Padahal persoalan selalu timbul tanpa ada solusi, bahkan belakangan masyarakat harus merasakan besarnya tarif pembayaran,” tutur anggota dewan yang duduk di komisi I ini.

Mulia pun meyakini, Pemko Medan dibawah kepemimpinan Bobby Nasution dan Aulia Rachman, mampu mengatasi persoalan ini, termasuk membangun BUMD PDAM milik Pemko Medan sendiri.

“Kita yakin di bawah kepemimpinan mereka (Bobby-Aulia), solusi-solusi seperti ini dapat ditindaklanjuti dan direalisasikan. Kita melihat mereka sudah mulai melakukan terobosan-terobosan, dan kita yakin jika mendirikan BUMD PDAM bukan lah hal yang mustahil buat mereka. Apalagi bila mengingat hal ini demi kepentingan masyarakat Kota Medan,” urainya. (pm)


Tags

Posting Komentar