Hoax! Jalan di Arab Saudi Pakai Nama Presiden RI

 


Beredar sebuah unggahan yang menyebut bahwa nama jalan Presiden Joko Widodo digunakan sebagai nama jalan di Arab Saudi.


Unggahan itu dubagikan oleh akun Facebook Agus Veer Lee Nizam dengan memperlihatkan foto plang nama jalan bertuliskan "President Joko Widodo St".


Ia mengunggah foto itu dengan narasi sebagai berikut:


"WOWWWW PRESIDEN KITA MEMANG IS THE BEST :

DIABADIKAN SEBAGAI SALAH SATU NAMA JALAN DI ARAB SAUDI. JGN KASIH TAHU BANG TOYIB HRS YA…"


Lalu benarkah nama Presiden Joko Widodo dijadikan sebagai nama sebuah jalan di Arab Saudi?


Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran Turnbackhoax.id, klaim yang menyebut nama Presiden Joko Widodo diresmikan sebagai salah satu nama jalan di Arab Saudi adalah klaim yang salah.


Faktanya, President Joko Widodo Street bukan berada di Arab Saudi, melainkan di Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.


Jalan itu diresmikan pada Senin (19/10/2020) oleh oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, anggota sekaligus Chairman Abu Dhabi Executive Office.


Foto peresmian jalan ini, diunggah oleh akun Facebook resmi milik Presiden Joko WIdodo pada Selasa, 20 Oktober 2020 dengan narasi sebagai berikut:


“Seruas jalan di Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab kemarin diresmikan sebagai Presiden Joko Widodo Street oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Chairman Abu Dhabi Executive Office. Jalan yang membelah kawasan Abu Dhabi National Exhibition Center dengan Embassy Area yang ditempati sejumlah Kantor Perwakilan Diplomatik itu menggunakan nama saya.


Ini tentu sebentuk penghargaan dan kehormatan. Bukan untuk saya pribadi semata-mata, tetapi untuk Indonesia. Sebuah gambaran betapa eratnya hubungan di antara dua negara yang kini bekerja sama dalam berbagai bidang.


Di balik penamaan jalan itu, tersimpan harapan semoga hubungan kedua negara semakin kokoh, saling menguatkan, dan bermanfaat bagi rakyat Uni Emirat Arab dan Indonesia.


Terima kasih.”


Kesimpulan


Berdasarkan penjelasan di atas, klaim yang menyebut bahwa nama President Joko Widodo diresmikan sebagai jalan di Arab Saudi adalah sebuah klaim dari konten yang salah. (sra)


Bagikan Gratis :


Loading...

Tidak ada komentar