Ahli Bahasa : Kamus Sudah Mati ketika Politikus Mendefinisikan Sendiri Sebuah Kata


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut mudik berbeda dengan pulang kampung. Pegiat dan pencinta bahasa Indonesia Ivan Lanin pun meresponsnya dan menyebut kamus sudah mati.

Pernyataan Ivan Lanin disampaikan melalui akun medsosnya. Dia menyebut kamus sudah mati ketika politikus mendefinisikan sendiri sebuah arti kata.

"Kamus sudah mati ketika politikus mendefinisikan sendiri arti kata; ketika para pendengung sibuk mencari pembenaran; ketika para pengikut membeo mengiakan; ketika kepentingan mengalahkan kebenaran; dan ketika aku tidak sanggup berteriak," kata Ivan Lanin dalam statusnya, Rabu (22/4/2020).

Tidak sampai di situ saja, pria yang akrab disapa Uda Lanin ini juga mengubah foto profilnya dengan gambar tulisan 'Kamus Sudah Mati'. Hal serupa dilakukan pada akun Twitternya. Dia juga ingin menunggu aturan soal perbedaan makna dan istilah.

"Kita tunggu saja peraturan perundang-undangan yang menegaskan perbedaan makna istilah. Jangan bilang saya belum mengingatkan, ya," kata Uda Lanin dalam cuitannya di Twitter, Rabu (22/4).

Pemaknaan kata tidak perlu dicari dalam kamus. Cukup tanyakan kepada politikus.

Sementara di media sosial, warganet ribut berdebat soal apakah 'mudik' dan 'pulang kampung' itu berbeda? Bila kita menengok Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maka arti mudik adalah pulang kampung alias sama saja. (detik)

Bagikan Gratis :


Loading...

Tidak ada komentar