News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Seluruh Camat di Medan Wajib Laporkan Perkembangan Penanganan Covid-19

Seluruh Camat di Medan Wajib Laporkan Perkembangan Penanganan Covid-19


Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution, M.Si menginstruksikan kepada Camat se Kota Medan untuk melaporkan perkembangan penanganan pencegahan penyebaran wabah virus Corona (Covid-19) di wilayahnya masing-masing.

Dengan demikian apabila ada warga yang dicurigai terpapar virus Corona dapat ditangani dengan cepat sekaligus memutuskan mata rantai penyebarannya.

Instruksi ini disampaikan Akhyar saat melaksanakan Rapat Koordinasi Pencegahan Penyebaran Wabah Virus Corona (Covid-19) melalui teleconference  dengan Camat se Kota Medan di Command Centre, Balai Kota Jl. Kapten Maulana Lubis No 2, Selasa (24/3) pagi. 

Disamping itu Akhyar meminta agar Camat menyosialisasikan physical distancing (membuat jarak secara fisik) terutama saat berada di luar rumah.

"Physical Distancing dilakukan agar virus yang disebarkan melalui droplet tidak mudah masuk ke tubuh kita. Artinya ialah pentingnya untuk menjaga jarak fisik antar manusia, sehingga yang dihindari bukan kerumunan saja, tetapi jarak antara satu dengan yang lainnya juga perlu kita lakukan guna menghindari penularan virus Corona," jelas Akhyar.

Lebih lanjut Akhyar menyatakan, bahwasannya  saat ini kondisi sosial masyarakat Kota Medan dalam keadaan aman terkendali.

Artinya, keramaian yang berada di area publik saat ini telah berkurang, aktivitas yang di lakukan masyarakat juga telah berkurang misalnya nongkrong di tempat makan atau melakukan aktivitas yang tidak penting di luar rumah.

"Saat ini kondisi sosial masyarakat sudah mulai terkendali. Menurut laporan yang saya terima dari camat-camat ketika teleconference, masing-masing warga di wilayahnya sudah banyak yang mengindahkan imbauan untuk tetap dirumah. Masyarakat telah mengisolasikan diri mereka di rumah masing-masing.

Namun begitu saya tetap mengimbau kepada seluruh warga agar dapat mengurangi aktifitas luar rumah yang tidak penting, tentunya hal tersebut sangat membantu pemerintah dalam memutuskan rantai penyebaran virus corona," kata Akhyar.

Pada kesempatan itu, Akhyar juga mengungkapkan bahwa masyarakat tidak perlu panik sehingga membeli bahan-bahan pangan secara berlebihan.

Bahan-bahan kebutuhan pokok, sambung Akhyar masih mencukupi kebutuhan. Maka dari itu, masyarakat tidak perlu  panik namun tetap waspada, jangan takut tidak mendapatkan bahan pangan.

 "Saat ini bahan pangan masih cukup tersedia. Saya berharap seluruh warga Medan bijaksana dalam membeli bahan-bahan kebutuhan pokok," ujarnya.(fm)

Tags