FZ : Harga Rapid Test Corona Rp55Ribu, Kemaren Warga Kok Sampai Jutaan?

Harga Rapid Test Corona Rp55Ribu

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengungkapkan obrolannya dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto soal wabah virus Corona. Ada pembicaraan mengenai rapid test Corona di Indonesia dan harga alatnya.

"Minggu lalu, hari Sabtu lalu, waktu saya ngobrol sama Pak Prabowo di Hambalang, termasuk membicarakan wabah Corona, kan tentu saya kasih masukan-masukan juga kepada beliau perkembangan di lapangan dan kekurangan-kekurangan alat persediaan gitu ya, APD gitu ya. Terus beliau menyampaikan bahwa ini rapid test sudah dibeli, tinggal diambil, kira-kira gitu," kata Fadli Zon seperti dilansir dari detikcom, Minggu (22/3/2020).

"Saya tanya berapa harganya? Beliau menyampaikan USD 3,5, USD 3,5 per satuan," jelas Fadli Zon.

USD 3,5 senilai Rp 55 ribu, menurut Fadli Zon. Perihal harga alat rapid test yang menurutnya berdasarkan obrolan dengan Prabowo ini juga disampaikan Fadli Zon di media sosialnya.

Fadli Zon mengaku menceritakan obrolan dengan Prabowo ini agar masyarakat tahu. Meski demikian, Fadli Zon tak menanyakan detail alat rapid test mana yang hanya Rp 55 ribuan itu.

"Ya kalau saya kan biar masyarakat juga tahu, jangan sampai ada orang-orang yang menyalahgunakan gitu. Tapi saya waktu itu tanyanya saya nggak tahu alat yang mana, tapi yang jelas rapid test. Saya tanyanya ada alat yang dibutuhkan, saya kan bilang bahwa banyak orang yang mau tes kesulitan, bahkan dia bilang harganya tuh mahal. Ada yang bilang Rp 700 ribu, Rp 750 ribu, ada yang Rp 2 juta, ada yang Rp 2,5 juta," sebut Fadli.

"Terus beliau respons ini rapid test-nya sedang dibeli. Saya tanya harganya berapa? 'USD 3,5'. Wah, murah sekali kalau USD 3,5. Saya kira ini akan banyak menolong. Kalau alat itu akurat, kemudian USD 3,5, ya ibaratnya kalau masyarakat mau membeli atau gratis itu lebih bagus lagi, ya kan," imbuh Fadli Zon.

Rapid test atau pemeriksaan cepat sudah dilakukan pemerintah Indonesia untuk mencegah penyebaran virus Corona yang makin masif. Fadli menyebut rapid test massal ini bisa membendung penyebaran Corona.

Lalu, apa tujuan Fadli Zon mengungkapkan harga alat rapid test yang hanya Rp 55 ribuan itu?

"Oh saya hanya mau menyampaikan saja pembicaraan itu, tidak ada maksud lain. Kalau memang harganya segitu, ya negara atau pemerintah jangan mengambil keuntungan dari situ karena ini dibutuhkan oleh rakyat, gitu. Dan saya kira itu akan sangat membantu," sebut Fadli.

Anggota Komisi I DPR itu menambahkan saat ini negara butuh alat pelindung diri dari Corona untuk dokter dan tenaga medis hingga masker yang, menurutnya, sulit didapatkan. Selain itu, Fadli mengingatkan pemerintah saat ini berhadapan dengan waktu.

"Sementara kita ini bertarung dengan waktu, running against time. Jadi nggak bisa bulan depan, even minggu depan pun agak lambat gitu. Tapi ya ini harusnya kita persiapkan jauh-jauh hari kan," sebut Fadli.

Juru bicara pemerintah terkait penanganan wabah Corona, Achmad Yurianto, merespons klaim Fadli Zon soal harga alat rapid test Corona ini dengan meminta bertanya langsung kepada Fadli Zon.

"Nggak tahu. Tanya ke yang bocorin dong," kata Yurianto atau akrab disapa Yuri.

Bagikan Gratis :


Loading...