News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Survei Terbaru : Prabowo Menteri Terbaik, 70% Rakyat Puas Kinerja Jokowi

Survei Terbaru : Prabowo Menteri Terbaik, 70% Rakyat Puas Kinerja Jokowi

Survei Terbaru : Prabowo Menteri Terbaik, 70% Rakyat Puas Kinerja Jokowi

Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei terbaru tentang 100 hari kinerja pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Selain mengukur tingkat kepuasan terhadap kinerja presiden dan wapres, survei juga merekam keterkenalan dan kinerja menteri.

Hasil survei menunjukkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi menteri paling dikenal masyarakat. Tidak hanya itu, mantan Komandan Jenderal Kopassus ini juga menjadi menteri berkinerja paling bagus di Kabinet Indonesia Maju.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan, dari sisi keterkenalan, nama Prabowo mengalahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menko Polhukam Mahfud MD. Dalam pengukuran ini, responden diminta menyebutkan nama menteri yang ada di benaknya (top of mind).

“Nama terbanyak Prabowo Subianto 18,4 persen, kemudian Sri Mulyani 10,6 persen, lalu pendatang baru yang lain Erick Tohir 8,2 persen, dan Mahfud MD 7,9 persen,” kata Qodari saat memaparkan hasil surveinya di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (16/2/2020).

Survei Indo Barometer juga mengukur penilaian publik terhadap kinerja selama 100 hari dari menteri Jokowi. Lagi-lagi, hasilnya menunjukkan Prabowo menjadi menteri yang memiliki kinerja paling baik.

“Pertama Prabowo Subianto, Sri Mulyani, Erick Tohir, Mahfud MD, Nadiem Makarim, Basuki Hadi Mulyono, Syahrul Yasin Limpo, Tito Karnavian, Muhadjir Effendi, dan seterusnya,” kata Qodari.

Menurutnya, ada sejumlah alasan yang membuat publik menilai Prabowo melaksanakan tugasnya dengan baik. Misalnya, mantan capres di Pemilu 2019 itu dinilai memiliki wibawa dalam memimpin, dikenal tegas, menguasai permasalahan di bidangnya, dan cocok sesuai keahlian.

Qodari pun berkelakar, penilaian yang baik dari masyarakat ini bisa saja menjadi bekal politik yang baik pula bagi Ketua Umum DPP Partai Gerindra tersebut untuk maju kembali sebagai capres di Pemilu 2024 mendatang.

“Jadi kalau melihat data ini, bisalah saya katakan keputusan Pak Prabowo untuk masuk kabinet adalah keputusan yang tepat. Artinya panggung politiknya terus bertahan sampai 2024,” tutur dia.

Survei Indo Barometer digelar pada 5-19 Januari 2020 dengan menggunakan 1.200 responden. Margin of error sebesar plus minus 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Metode pengumpulan sampel menggunakan multistage random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

Berikut 10 Menteri Terpopuler:

1. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (18,4 persen).
2. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (10,6 persen).
3. Menteri BUMN Erick Thohir (8,2 persen).
4. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD ( 7,9 persen.)
5. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim (5,2 persen).
6. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (1,8 persen).
7. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (1,4 persen).
8. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (1,4 persen).
9. Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (0,9 persen).
10. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (0,9 persen).

Tags