News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ancaman China Terhadap Indonesia Ini Bisa Bikin Pemerintah Kalang Kabut

Ancaman China Terhadap Indonesia Ini Bisa Bikin Pemerintah Kalang Kabut

Ancaman China Terhadap Indonesia Ini Bisa Bikin Pemerintah Kalang Kabut

Larangan penerbangan dari dan ke China untuk mencegah penyebaran virus corona yang diberlakukan pemerintah Indonesia membuat China bertindak.

Selain itu, pemerintah juga menghentikan sementara pemberian visa bebas kunjungan dan visa on arrival untuk warga China yang hendak ke Indonesia.

Kementerian Perhubungan RI mengimbau sekitar 3.000 WNI di China yang ingin pulang sebaiknya berangkat sebelum kebijakan berlaku, yakni Rabu (5/2) pukul 00.00 WIB.

Duta Besar China Xiao Qian memberi ancaman kepada Indonesia yang juga ingin membatasi kegiatan ekspor dan impor imbas penyebaran virus corona.

"Tindakan itu akan membuktikan hubungan perdagangan dua negara dan memberikan dampak negatif dari kerja sama yang ada," ujar Xiao dalam konferensi pers terkait virus corona di Kedutaan Besar China, Kuningan, Jakarta, Selasa (4/2).

"Indonesia-Tiongkok adalah tetangga yang baik, kami berharap pihak Indonesia bisa memandang wabah ini dan tindakan pencegahan penanggulangan Tiongkok secara rasional dan ilmiah," tutur Xiao.

Kemendag RI juga membuka opsi menghentikan sementara izin impor untuk bahan baku produk makanan dan minuman (mamin) dari China.

 Indonesia akan memprioritaskan negara alternatif di luar China untuk memasok kebutuhan bahan baku industri mamin.

"Terkait dengan dampak yang diakibatkan tindakan pembatasan pertukaran personal perdagangan ekspor-impor, dampaknya harus dihitung," sambung Xiao.

"Perkembangan Tiongkok-Indonesia meningkat secara cepat. Saya pikir Tiongkok 7-8 tahun (ke depan) akan jadi mitra perdagangan terbesar di Indonesia," kata Xiao.

Xiao juga mengingatkan China menjadi negara kedua terbesar sumber wisatawan asing. Dia juga menekankan bahwa China menjadi salah satu sumber investasi terbesar untuk Indonesia.

"Tiap tahun ada 2 juta lebih (wisatawan) dari China yang ke Indonesia," ungkapnya.

"Dan menurut saya kalau ambil pembatasan seperti terhadap pertukaran personal penerbangan dan perdagangan, kami sangat tidak berharap itu dampaknya. Dan itu sebenarnya akan merugikan ekonomi, perdagangan, pariwisata indonesia sendiri," tutur Xiao.

China adalah mitra dagang terbesar kedua Indonesia setelah Amerika Serikat. Pada 2019, nilai perdagangan Indonesia-China mencapai USD 66,2 miliar. Sementara di tahun yang sama, ada 1,77 juta wisatawan China ke Indonesia.

Sejauh ini wabah virus corona di China telah menewaskan 425 orang. Virus ini telah menjangkiti lebih dari 20 ribu orang di berbagai negara.

Indonesia dan negara-negara lain seperti AS, Rusia, Australlia, Jepang hingga Korsel telah mengevakuasi warganya dari Wuhan, kota di China yang menjadi pusat penyebaran virus. (kumparan)

Tags