News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bahas Dugaan Korupsi DAK Langkat, JALG Gelar Diskusi Mahasiswa Sumut

Bahas Dugaan Korupsi DAK Langkat, JALG Gelar Diskusi Mahasiswa Sumut



Jaringan Aktivis Lintas Generasi (JALG) Sumatera Utara menggelar diskusi mengenai berbagai permasalahan yang terjadi di beberapa Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, Minggu (28/02/2021), berlokasi di Jln.Organ, Padang Bulan, Kec.Medan Baru.


Kegiatan Diskusi Mahasiswa Sumatera Utara tersebut  menghadirkan Romson Purba (aktivis 98) sebagai pembicara untuk memantik mahasiswa yang berasal dari beberapa kampus di Medan.


Menurut Koordinator acara Diskusi Mahasiswa Sumut yang tergabung dalam JALG, Rizky Yusuf Siregar, kegiatan yang bertemakan Peran Pemuda dan Mahasiswa Untuk Kemajuan Sumatera Utara ini membahas tentang beberapa persoalan yang terjadi di Sumut, khususnya kasus-kasus dugaan korupsi yang akhir-akhir ini banyak melibatkan kepala daerah dan juga kasus dugaan korupsi di Kab.Langkat.


"Yang menjadi fokus diskusi kita adalah persoalan dugaan korupsi yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Langkat, Kinerja Gubernur Sumatera Utara selama kurang lebih 2 tahun menjabat dan persoalan-persoalan kerakyatan di era pandemi Covid 19. Diskusi kita ini memiliki tema "Peran mahasiswa sebagai agend of control sosial", dimana kita sebagai mahasiswa dan pemuda harus bergerak untuk kemajuan di daerahnya," ujar Rizky Yusuf Siregar, kepada Pismetro-Medan melalui jaringan WhatsApp, Minggu (28/02/2021).


Rizky menambahkan, saat ini isu yang lagi hangat menjadi pembahasan beberapa kawan aktivis dari Kabupaten Langkat yaitu dugaan tindak pidana korupsi yang jerjadi di Kab.Langkat.


"Dan kawan-kawan aktivis  Langkat dengan membawa aliansi mereka yaitu Gerakan Mahasiwa dan Pemuda Langkat (GEMPALA) juga sudah melakukan aksi beberapa kali ke Kejatisu untuk menyuarakan indikasi dugaan tindak pidana korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019. Mereka juga sudah melaporkan secara resmi ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Namun sampai saat ini belum mendapatkan kejelasan tentang bagaimana perkembangan penanganan pelaporan itu dari pihak  kejaksaan. Seharusnya pihak Kejatisu menanggapi upaya mahasiswa yang membantu tugas mereka menjawan secara resmi sudah sejauh mana tindaklanjut laporan mereka," tambahnya.


Dalam kegiatan Diskusi JALG yang dimoderatori Albert Faul Sirait itu, selaku Koordinator JALG, Rizky meminta kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara agar serius menangani persoalan dugaan tindak pindana korupsi yang ada di Sumatera utara.(rudi)

Tags

Posting Komentar