Terbit Rencana Diminta Legowo Melepaskan Posisi Sebagai Ketua F.SPTI-K.SPSI Kab.Langkat

 


Pasca dilantiknya Sejarahtra Sembiring SH menjadi Ketua dan Bambang S, resmi mejabat Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia (F.SPTI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K.SPSI) Kabupaten Langkat periode 2020-2025 yang dilaksanakan di Rumah Makan Stabat Seafood, Kota Stabat, Selasa (24/11/2020) lalu, dualisme kepengurusan organisasi pekerja di Kab.Langkat seharusnya sudah berakhir.


Apalagi, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) F.SPTI-K.SPSI sudah melaksanakan Munas untuk pemilihan Ketua organisasi buruh tersebut di Golden Boultique Hotel Jakarta, selama tiga hari, sejak Selasa, 14 Desember hingga Kamis 16 Desember 2020, baru lalu.


Munas Ke-VI tersebut dibuka oleh Ketua Umum K.SPSI (Konferensi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia), Yoris Raweyai. 


Dalam kegiatan Munas tersebut, selain diikuti seluruh DPD dan DPC F.SPTI-K.SPSI se-Indonesia, tampak hadir pada acara Munas itu, Perwakilan Kementerian Perhubungan yang diwakili oleh Mayjen TNI (Purn) Buyung Lalana, Perwakilan Menteri Tenaga Kerja Dr.Armen Syah dan Perwakilan Menteri Koperasi, Tarwo Badrus. Dan yang terpilih sebagai Ketua Umum DPP F.SPTI yakni

Surya Bhakti Batubara, SH, MM.


Dalam Munas tersebut dijabarkan bahwa F.SPTI-K.SPSI yang resmi diakui pemerintah tidak mengenal istilah birokrasi organisasi dengan sebutan Pimpinan Pusat (PP), Pimpinan Daerah (PD), Pimpinan Cabang (PC). Melainkan penggunaan nama dalam birokrasi organisasi yakni DPP, DPD dan DPC.


Dengan pelaksanaan Munas pada Desember 2020 lalu, sehingga pengukuhan dan penyerahan SK kepada Sejarahtra Sembiring SH sebagai Ketua DPC F.SPTI-K.SPSI, semakin kiat dan sah secara Hukum serta telah tercatat di Depnaker RI (Departemen Tenaga Kerja Republik Indonesia).


"Jadi, komentar-komentar yang diucapkan saudara Edi Bahagia di Tanjung Putus, Kab.Langkat, yang masih ngotot mengatakan organisasi buruh F.SPTI-K.SPSI di bawah Terbit Rencana PA yang mengklaim sebagai Ketua PC F.SPTI-K.SPTI Kab.Langkat, merupakan organisasi buruh yang legal, adalah omong kosong. Jadi, jangan mentang-mentang Edi Bahagia menjabat sebagai Anggota DPRD Sumut itu semua omongannya benar. Gak ada korelasinya dia (Edi Bahagia-red) menjelaskan seolah-olah Terbit Rencana yang juga menjabat Bupati Langkat itu merupakan Ketua F.SPTI-K.SPSI Kab.Langkat. Karena kita tidak mengenal Ketua PC, yang ada dan legal adalah Ketua DPC," ujar Sekretaris DPC F.SPTI-K.SPSI Kab.Langkat, Bambang S.


Sekedar mengingatkan, pertikaian panjang dualiesma kepengurusan ditingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (F.SPTI)-Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K.SPSI) akhirnya berakhir setelah digelarnya Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang digelar di Hotel Grand Cempaka, Jakarta pada 15 hingga 17 Desember 2015 lalu. Dengan hasil tersebut, Surya Bakti Batubara dan Sekretaris Jendral Syafril Arsyad terpilih sebagai Nahkoda organisasi pekerja yang sah untuk masa periode 2016-2021. 


Ketua Umum DPP K.SPSI, Yorrys Raweyai dan Sekjen Rudy Prayitno, dalam kesempatan itu juga mengungkapkan bahwa jika masih ada pihak-pihak yang mengklaim merupakan pengurus dan anggota K.SPSI-F.SPTI lain, itu di luar tanggungjawab mereka.


Kembali ke pemberitaan, Bambang menegaskan dan menjabarkan bukti-bukti surat pemberhentian serta pembekuan organisasi buruh di Langkat yang dipimpin Terbit Rencana PA. 


Yakni, Surat Keputusan No.KEP-36/ORG/DPD-SU/X/2020 Tentang Pengukuhan Komposisi dan Personalia Dewan Pimpinan Cabang Care Taker F.SPTI-K.SPSI Kabupaten Langkat.


Dalam surat DPD F.SPTI-K.SPSI Terdapat bunyi MEMUTUSKAN,

Menetapkan  : Surat Keputusan DPD-F.SPTI-K.SPSI SUMATRA UTARA NO.KEP-36/ORG/DPD-SU/X/2020, tanggal 23 Oktober 2020 Tentang : Pengukuhan Dewan Pimpinan Cabang Care Taker F.SPTI-K.SPSI Kabupaten Langkat.


Pertama  : Mencabut Surat Keputusan DPD-F.SPTI-K.SPSI Provinsi Sumatra Utara Nomor : Kep-12/ORG/DPD-SU/IV/2018,Tanggal 9 APRIL 2018, Tentang : Pengesahan Komposisi dan Personalia Dewan Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia Kabupaten Langkat dibawah Pimpinan Terbit Rencana PA, SE (dibubarkan) dan tidak berlaku lagi.


"Dari surat keputusan DPD F.SPTI- K.SPSI Sumatra Utara ini Jelas dan terang menderang secara otomatis PUK-PUK yang ada di Kabupaten Langkat Gugur dengan sendirinya," ujar Bambang. (lkt-1)


Bagikan Gratis :


Loading...

Tidak ada komentar