26 Sep 2011

Kuota Haji Tambahan Sumut Mengambang

Ads by Google

MEDAN-PM-Nasib tambahan kuota haji yang diterima Sumut sebanyak 60 orang jamaah hingga kini masih belum jelas nasibnya. Padahal, pihak Kementerian Agama (Kemenag) RI Wilayah Sumut, telah melaporkan hal itu ke Kemenag pusat. Dimana, pihak Kemenagsu masih mengharapkan 60 jumlah kuota yang tersisa itu masih bisa ditutupi oleh calon haji asal Sumut.

“Belum ada perkembangan. Sampai saat ini kita belum mendapat kabar dari pusat mengenai 60 kuota yang masih kosong tersebut. Kita sudah melaporkan itu beberapa waktu lalu, tapi kita masih berharap tetap dari jamaah Sumut yang mengisinya,” jawab Kasubbag Hukum dan Hubungan Kemasyarakatan (Hukmas) Kemenagsu, Chairul Syam  kepada Sumut Pos (grup POSMETRO MEDAN) Minggu (25/9).

Chairul Syam mengakui, tersisanya jumlah kuota tambahan itu, dikarenakan banyaknya masyarakat khususnya para calon haji yang tidak mengetahui informasi itu. “Terakhir tanggal 19 September lalu. Setelah tanggal itu, masih ada lagi yang menelpon saya untuk bisa masuk dan mengisi kuota yang kosong itu. Ini karena ketidaktahuan. Mereka tidak baca koran. Tidak mungkin kami menjemput dor to dor menanyai siapa yang akan berangkat haji. Sementara para calon jamaah haji Sumut sangat banyak,” bebernya.

Karena hal itu, apakah tahun depan dan seterusnya, Sumut akan diberi sanksi tidak menerima kuota haji tambahan dari pemerintah pusat? Mengenai hal itu, Chairul Syam tidak ingin berasumsi berlebihan. Dirinya hanya mengatakan, hal seperti ini bukan hanya di Sumut saja terjadi, tapi juga terjadi hal yang sama di beberapa daerah lainnya.

“Ini bukan hanya di Sumut. Di beberapa daerah pun ada seperti ini,” katanya sembari mengaku lupa provinsi-provinsi mana yang kuota tambahannya tidak terpenuhi.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar mengatakan, dalam pemberian pelayanan kepada para calon haji, pihaknya akan berupaya akan memberikan memberikan pelayanan terbaik, bagi para jamaah haji.
Hal itu dikatakan Emirsyah Satar saat menghadiri acara Fun Bike Tour de Toba yang digelar PT Garuda Indonesia di Pulau Samosir baru-baru ini. “Sejak 1956, Garuda Indonesia sudah menangani Haji. Pengalaman menangani haji selama ini, berjalan lancer. Dan semoga untuk tahun ini juga sesuai harapan kita bersama,” ujarnya kepada wartawan. (ari/ton/smg)

Artikel terkait :





Berbagi Cerita Disini





fanspage