05 Jul 2012

Gus Irawan Pasaribu: Kembangkan Potensi Daerah

Ads by Google

MANTAN Dirut Bank Sumut, Gus Irawan Pasaribu, menyebut peningkatan kesejahteraan rakyat Sumatera Utara itu dapat dilakukan dengan berbagai upaya. Salah satunya, mengembangkan potensi alam yang dimiliki daerah.
“Seperti di kawasan pantai Barat Sumut dan wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) misalnya. Di daerah ini banyak sekali potensi alam yang belum tergali dan terkembangkan secara konfrehensif,” kata Gus Irawan di Padangsidimpuan.
Menurutnya, banyak potensi alam di daerah ini yang dulunya sudah dikelola tapi kini hampir hilang. Perhatian pemerintah dan kurangnya pemberdayaan masyarakat menjadi faktor yang mengakibatkan potensi itu ditinggalkan.
Dicontohkannya, seperti Tapanuli Tengah dan Sibolga. Kedua daerah ini merupakan penghasil ikan dan punya pantai baik untuk dikelola. Sayang, pengelolaannya masih tertumpu pada pemerintah daerah dan warga setempat.
Sama halnya di Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal yang punya kekayaan alam di pinggir pantai. “Saya sudah lihat betapa indahnya panorama alam di pantai sepanjang Tapsel dan Madina. Sayangnya belum ada upaya untuk menggali dan mengembangkan potensi ala mini,” ujarnya.
Kabupaten Padanglawas Utara dan Padanglawas juga dikenal sebagai penghasil sapi terbesar di Sumut. Bahkan, kebutuhan sapi di Sumut bisa dipenuhi kedua daerah ini. Di wilayah ini juga banyak terbentang perkebunan kelapa sawit dan karet, namun jumlah lahan tidur milik masyarakat banyak yang dibiarkan kosong dan butuh bantuan pengembangan.
Keberhasilan mendatangkan investor tentunya harus didukung oleh pemerintah. Reformasi birokrasi diperlukan untuk perbaikan seluruh komponen yang ada di Sumut. “Reformasi birokrasi harus diwujudkan, sehingga masyarakat dapat merasakan,” katanya. (rel/wik)

Artikel terkait :





Berbagi Cerita Disini





fanspage