21 Feb 2012

BKD Sumut Segera Memproses

Ads by Google

Anggota DPRD Sumut Megalia Agustina yang diduga memiliki hubungan gelap dengan Direktur Eksekutif Partai Demokrat Sumut, Borkat Hasibuan akan segera dipanggil Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Sumut. BKD DPRD Sumut ingin mengungkap kebenaran kasus tersebut.

Makanya, BKD DPRD Sumut meminta, agar nantinya saat dipanggil Megalia terbuka dalam memberikan keterangan. Soal pemanggilan itu diungkap  Ketua BK DPRD Sumut, Mulkan Ritonga, kepada wartawan di DPRD Sumut, Senin (20/2).  ‘’Tidak perlu ditutupi, sehingga kami pun bisa menanganinya dengan cepat untuk kebaikan bersama,” ungkap politisi dari Fraksi Golkar tersebut.

Dikemukakannya, sebelum melakukan pemanggilan terhadap Megalia, mereka akan terlebih dahulu mempelajari pengaduan yang disampaikan Cut Dian Satriani. Jika dinilai memenuhi unsur, tentu akan langsung diproses. “Nanti akan kami dalami pengaduannya, setelah itu baru kami panggil. Sampai sekarang, kami masih tahu soal itu dari pemberitaan di media massa. Soal sanksi, tentu saja ada. Tapi masih sangat tergantung dari proses pemeriksaan,” terangnya.

Sayangnya, sejauh ini pihaknya belum mengambil sikap dan menindaklanjuti persoalan itu karena  BKD DPRD Sumut belum juga menerima pengaduan dari istri Borkat Hasibuan, Cut Dian Satriani yang baru akan diserahkan hari ini.
Dikatakannya, ada kemungkinan laporan tersebut masih berada di meja Ketua DPRD Sumut Saleh Bangun. “Kemarin Cut Dian Satriani langsung mengadu ke Pak Saleh. Nanti kami akan jemput pengaduan itu supaya bisa diproses,” katanya.

Dicalonkan Jhon Hugo

Menurut Ibunda Megalia, sebelum terjun ke dunia politik, Megalia dulunya sudah aktif Organisasi Kemasyarakatan Islam, seperti Persatuan Perwiritan Tanah Jawa, Kemudian aktif di kegiatan olahraga, terutama dunia sepak bola.

Lalu pada tahun 2008, putri kedua dari empat bersaudara ini mendapat tawaran untuk maju sebagai calon legislatif (caleg) DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014. Ibunda Megalia mengatakan, yang menawarkan agar mencalonkan (jadi caleg) itu adalah Jhon Hugo Silalahi, petinggi Partai Demokrat Kabupaten Simalungun dan juga mantan Bupati Simalungun. “Jhon  Hugo kala itu berharap agar Demokrat memiliki calon legislatif perempuan untuk DPRD tingkat I. Itulah awalnya. Jadi yang ajak itu ya  pak John Hugo Silalahi,” kata Ibunda Megalia.

Begitu tawaran itu diterima kata wanita yang diperkirakan berumur 54  tahun itu, Megalia Agustina kemudian menduduki nomor urut 3. Muhammad Idris, abang kandung Megalia Agustina ikut dalam tim sukses dalam pemilihan legislatif (pileg) 2009 untuk PAC Tanah Jawa.

Muhammad Idris juga menambahkan, bahwa setahun sebelum pileg, John Hugo Silalahi sudah datang dan menawarkan agar Megalia mencalonkan diri menjadi DPRD Sumatera Utara. Sebab saat itu, calon legislatif wanita dari Partai Demokrat saat itu kosong.

Tapi kata Idris, semula ibunda Megalia yang juga mantan tim sukses Jhon Hugo Silalahi saat pencalonannya sebagai Bupati Simalungun periode 2005-2010, itu yang mau diusulkan. Cuma karena sudah kalah tua, makanya diusulkan Megalia. “Megalia ketika itu baru tamat dari Sarjana Diploma Tiga (D3), Ahli Bisnis Perbankan ini. Tapi dia cukup beruntung sebab, perolehan suara Megalia cukup drastis pada pileg lalu,” kata Idris.

Menurut Idris, perolehan suara terbanyak Megalia kala itu berasal dari Perdagangan Kecamatan Bandar dan Kecamatan Siantar. Idris mengungkapkan, dari hasil perhitungan suara di KPUD kala itu, Megalia Agustina, caleg dari Dapem (daerah pemilihan) IX Siantar dan Simalungun, berhasil meraih suara terbanyak kedua setelah Jhon Hugo. Dikatakan Idris, suara Megalia mencapai sekitar 25 ribu suara.

Sementara ketentuan di KPUD kala itu, setiap caleg yang memeroleh sedikitnya 30 persen suara dari jumlah seluruh suara sah sudah berhak duduk sebagai wakil rakyat di DPRD Sumatera Utara. Diketahui jumlah pemilih di dapem IX tahun 2010, berkisar 817.720 jiwa.

Namun, pada tahap akhir penyerahan kotak suara sebanyak 7 ribu suara Megalia sempat nyaris raib di gelapkan OTK.(orang tidak di kenal) sembari memberikan terror.” Kalau suara Megalia  mau selamat temui kami.” Kata OTK di tirukan Idris. ( mag – 02/ali/ari/smg )

Artikel terkait :





Berbagi Cerita Disini





fanspage