02 Jul 2013

5 Tahanan Kabur Dibiarkan Bebas

Ads by Google

Kapolsek Medan Timur Didesak Copot

MEDAN-PM

Sudah 8 bulan berlalu, kasus kaburnya 5 tahanan dari Polsekta Medan Timur belum juga berhasil ditangkap. Meskipun, Kompol Patar Silalahi sudah dicopot dari jabatannya dan digantikan AKP Efianto, tapi hingga kemarin kelima tahanan itu masih bebas berkeliaran. Lambannya kinerja AKP Efianto sontak menuai cibiran keras dari pengamat hukum, Muslim Muis SH. Menurutnya, mendudukkan AKP Efianto sebagai Kapolsek Medan Timur adalah suatu kegagalan.

“Itu merupakan kegagalan bagi kapolsek. Kalau tak mau disebut gagal, kita minta dia agar menangkap kembali tahanan yang kabur itu,” kata Muslim memulai pembicaraan pada POSMETRO, Minggu (29/6) sekitar pukul 15.00 WIB.

“Berarti dia gagal memimpin, buktinya tahanan yang kabur pun tak bisa ditangkapnya. Itu adalah kesalahan paling besar bagi kepolisian,” sambungnya. Dengan gagalnya AKP Efianto, mantan Wakil Direktur LBH Medan itu mendesak Kapolresta Medan, Kombes Nico Afinta Karo-Karo agar memberikan ultimatum kepada anggotanya.

“Dengan kegagalan itu, Kapolres Medan sebagai pimpinannya harus memberikan ultimatum. Kalau nggak sanggup nangkap, mengundurkan diri sajalah,” tegas Muslim. Karena dengan masih berkeliarannya tahanan yang kabur itu cukup memberi rasa cemas pada masyarakat.

“Masyarakat pasti cemas, karena belum ketangkap juga sudah 8 bulan lamanya. Yang kita kawatirkan tahanan yang lari itu mengulangi tindak pidananya,” urai Muslim. Untuk itu, ia meminta Kapolresta Medan segera mengambil tindakan tegas pada Kapolsek Medan Timur, AKP Efianto karena lambat bekerja.

“Kita minta Kapolres yang baru ini secepatnya mengambil tindakan tegas pada kapolseknya,” tandas Muslim.

Sebelumnya, sebanyak 12 tahanan Polsekta Medan Timur berhasil melarikan diri dengan cara menggergaji tempat biasa mereka melakukan olah raga di dalam sel, Senin (29/10) lalu. Kaburnya tahanan itu membuat Kompol Patar Silalahi yang saat itu menjabat sebagai kapolsek mendadak dicopot dari jabatannya. Padahal, kala itu ia sudah  berhasil menangkap 7 tahanan yang kabur dari lokasi berbeda. Tapi AKP Efianto yang menggantikannya justru tak satu pun berhasil menangkap tahanan yang kabur itu. Ia bahkan terkesan membiarkan kasus itu.

(eza/deo)



Berbagi Cerita Disini




bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online

lazada.co.id