Breaking

Rabu, 10 Oktober 2018

Heboh! Penampakan 4 Matahari di Langit Kepulauan Riau, Tonton Nih


Fenomena alam memang sering kali muncul di berbagai belahan dunia, dan tidak terkecuali dengan Indonesia.

Kali ini masyarakat dihebohkan dengan munculnya video yang mengatakan bahwa telah muncul empat matahari di Wilayah Kepulauan Riau yang diklaim menjadi sebuah pertanda.

Fenomena memang sering kali menjadi hal yang membuat jutaan pasang mata takjub, tak terkecuali dengan fenomena Sun Dogs. Fenomena sun dogs atau Parhelion merupakan sebuah fenomena di mana kita melihat adanya tambahan cahaya di kedua sisi matahari.

Sun Dogs adalah fenomena yang bisa dijelaskan secara ilmiah dan masuk akal. Pembentukan Sun Dogs sendiri berawal dari cahaya matahari yang bersinar menembus kumpulan lempeng es kristal heksagonal, yang tersusun secara horizontal di langiit yang mengakibatkat cahaya itu dibelokkan dengan sudut minimum 22 derajat.

Proses tersebut dapat disamakan dengan proses terbentuknya pelangi yang diakibatkan oleh cahaya matahari yang menyinari tetesan air di angkasa.

Sun Dogs adalah fenomena optis yang menampakkan titik-titik terang di langit, seringkali pada cincin halo di sekeliling matahari. Jika dilihat dari gambarnya, cahaya tambahan di sisi matahari itu tampak seperti anjing yang duduk di samping tuannya, sang matahari.

Umumnya ia berwarna merah ketika berada pada jarak terdekat matahari. Semakin jauh dekan matahari, warnanya akan mengarah ke biru.

Fenomena Sun Dogs pernah terjadi di beberapa negara, di mana saja dan kapan saja. Salah satunya telah terjadi di Alexandria, Minnesota pada tahun 2007 yang bisa kita tonton di YouTube.

Fenomena ini terjadi pada kondisi atmosferik yang sangat langka. Sangatlah beruntung bagi siapa yang dapat melihatnya secara langsung.

Lalu, apa yang dimaksud dengan Parhelic Circle? Parhelic Circle adalah garis putih yang melengkung menembus matahari. Walaupun seringkali terlihat sepotong, terkadang garis ini bisa membentuk lingkaran sempurna di langit.

Parhelic Circle juga terbentuk karena cahaya matahari yang dibelokkan oleh kristal heksagonal.

Namun untuk Sun Dogs harus memiliki kristal heksagonal yang horizontal, sedangkan Parhelic Circle harus berada pada posisi vertikal atau hamper vertikal.

Terkadang fenomena Sun Dogs bisa terlihat tanpa Parhelic Circle, tetapi juga dapat terlihat bersamanya. Jika Sun Dogs dan Parhelic Circle digabung, akan membentuk sebuah orkestra bisu di langit.

Siapa pun yang dapat melihatnya di langit secara langsung merupakan orang yang sangat beruntung. Walaupun Sun Dogs dapat terjadi di mana saja, fenomena ini sangat sulit untuk dijumpai.

Apalagi jika Sun Dogs diiringi dengan Parhelic Circle yang dapat menambah keindahan fenomena langka tersebut.

Apakah fenomena langka tersebut membawa suatu pertanda? Hanya Tuhan yang Maha Tahu.





loading...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar