Breaking

Jumat, 25 Mei 2018

Tidur Dalam Bus Tak Terelakkan, Begini Tips Agar Tetap Aman dan Nyaman


sumber:mqltv.com

Meski bukan termasuk tipe penumpang ‘pelor’ alias nempel langsung molor, tapi kadang tertidur dalam perjalanan dengan bus jadi hal yang tak terelakkan. Terutama untuk mahasiswa yang akan pulang ke kampung halaman, ketika menempuh perjalanan panjang, baik dengan bus yang berjalan di siang hari maupun bus malam.

Tidak ada salahnya memang tidur di perjalanan. Namun ketika naik bus, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

Bawa Bantal Leher

Meski bus jarak jauh sudah memberikan bantal untuk para penumpang, namun rasanya tetap tidak senyaman bantal leher. Bantal leher membantu menyangga agar kepala dan leher tidak mengalami salah posisi yang bisa membuat sakit dan tak nyaman.

Jika malas membawa bantal leher karena memperbanyak barang bawaan, pilihlah bantal leher model tiup. Anda bisa membawanya dalam kondisi kempis dan terlipat rapi, kemudian ditiup ketika hendak digunakan. Setelah turun dari bus, bantalnya bisa dikempiskan kembali.

Cukup Makan dan Minum Sebelum Berangkat

Secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan dan minuman ketika naik bus. Jika perut terlalu penuh, bisa membuatmu merasa tidak nyaman selama perjalanan. Hindari makanan dengan cabai dan memiliki kandungan gas tinggi agar perjalanan Anda nyaman.

Untuk minuman, sebaiknya hindari yang mengandung soda, teh atau kopi. Soda bisa membuat perut kembung dan mual, sementara kopi dan teh  bisa membuatmu mudah merasa kebelet buang air kecil yang tentu tak nyaman.

Hindari Tempat Duduk Dekat Pintu

Jika memungkinkan, hindari posisi tempat duduk di dekat pintu. Karena posisi ini kerap dilalui penumpang yang naik turun kendaraan yang pastinya membuatmu tidak nyaman. Selain itu, posisi di dekat pintu juga membuat kemungkinan mengalami tindak kejahatan jadi lebih besar.

Ketika membeli tiket bus, pilihlah posisi di tengah-tengah. Tak perlu bingung bagaimana memilihnya, karena bila Anda membeli tiket bus di Traveloka, posisi duduk yang tersedia bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan.

Amankan Barang Berharga

Tidur di dalam bus artinya kewaspadaan jadi berkurang. Jagalah barang bawaan dengan sebaik mungkin agar tak mengalami hal yang tak diinginkan.

Cara paling mudah untuk mengamankan barang ketika tertidur di bus adalah dengan membawa dua tas berbeda. Pisahkan baju dan bawaan lainnya dengan barang berharga. Simpan barang berharga Anda di tas kecil dan terus pakai tas itu menempel di tubuh.

Untuk lebih amannya, lapisi tubuh dengan jaket sehingga posisi tas berada di dalam baju hangat. Dengan demikian, barang jadi aman dan tidurmu di bus pun jadi lebih tenang selama perjalanan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jarak tujuan. Jika kota tujuan Anda bukan akhir dari perjalanan bus yang ditumpangi, sebaiknya mintalah tolong kepada teman seperjalanan untuk membangunkan atau jika berangkat sendirian, mintalah tolong pada kondektur bus untuk membangunkan.

Hal penting lainnya adalah usahakan untuk tidur setelah kondektur memeriksa tiket bus yang Anda pegang. Daripada terbangun di tengah jalan dan bikin pusing, sebaiknya atur waktu tidurmu setelah urusan dengan kondektur selesai.

Selamat naik bus, semoga perjalanan Anda nyaman.





loading...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar