Breaking

Kamis, 02 November 2017

Transfer dari Citi Bank Singapura ke Bank Sumut, 2 Bulan Lebih Belum Sampai



Saya sebagai nasabah merasa kecewa dengan pelayanan Bank Sumut. Transfer uang dalam kurs dollar dari Citi Bank Singapura atas nama Google ke rekening Bank Sumut saya, hingga tulisan ini saya buat (2 November 2017, pukul 19.00 WIB), belum juga sampai ke rekening.

Awalnya, pada 21 Agustus 2017, Citi Bank Singapura melakukan transaksi transfer ke Bank Sumut atas nama saya. Sebelum transaksi, mereka meminta nomor rekening beserta SWIFT Code bank tujuan (Bank Sumut).

Menurut pengalaman saya, transaksi dari Citi Bank Singapura ke bank Indonesia hanya membutuhkan waktu 24 jam (ketika itu saya pernah menggunakan rekening Bank Mandiri).

Tapi kali ini, hari demi hari menanti, uang belum masuk ke rekening Bank Sumut. Saya sudah mendatangi kantor cabang Pulo Brayan tempat membuka tabungan, jawabannya tidak memuaskan.

Setelah 15 hari kerja uang belum juga masuk, saya mempertanyakan ke pihak Citi Bank Singapura melalui email. Mereka mengirimkan tanda bukti bahwa transaksi sudah dilakukan. Artinya uang saya sudah dikirim ke Bank Sumut per tanggal 21 Agustus 2017. Ketika saya meminta pihak Citi Bank me-refund dana, mereka mengatakan tidak bisa. Karena uang sudah ditransfer. Pihak bank tujuan yang bisa melakukan refund.

Saya hanya bisa menunggu, hingga pada tanggal 28 September 2017, saya melaporkan keluhan ini ke Bank Sumut Jalan Imam Bonjol (kantor pusat).

Setelah dicek petugas, uang saya memang belum masuk ke bank perantara. Saya pun kurang faham bagaimana sistem Bank Sumut jika melakukan transaksi dari luar negeri. Tapi menurut petugas customer service, biasanya transfer dari luar negeri hanya butuh waktu 24 jam.

Saya pun menyerahkan segala bukti yang diberikan Citi Bank Singpura dan Google kepada petugas CS Bank Sumut. Serta memberikan data rekening dan nomor hape saya. Mereka berjanji akan menghubungi.

Lagi dan lagi, hingga sekarang (2 November 2017, sebulan lebih) tidak ada kabar apapun dari Bank Sumut. Dan ketika saya cek ke atm (2/11/2017 pukul 19.00 WIB), uang saya masih juga belum masuk.

Apakah bisa uang yang jelas data transfernya, hilang dan raib bak ditelan bumi?

(data penulis ada pada redaksi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar