Breaking

Kamis, 19 Oktober 2017

Cuaca di Medan Makin Panas, Ini Sebabnya...


Beberapa hari terakhir, Kota Medan sekitarnya dilanda cuaca panas yang cukup menyengat. Suhu panas yang terjadi mendekati 36 derajat celcius.

“Berdasarkan data suhu maksimum, memang tampak bahwa suhu udara di kota Medan meningkat. Bahkan, suhu udara maksimum mencapai 35,6 derajat celcius pada Selasa (17/10/2017) lalu,” ujar Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah 1 Medan, Syahnan, Kamis (19/10/2017).

Menurut Syahnan, kondisi cuaca panas yang terjadi diakibatkan karena aktifnya Tropical Storm (badai tropis) yang akhirnya menjadi Typhoon LAN di sekitar Filipina mulai tanggal 16 Oktober 2017 lalu.

Aktivitas tersebut mengakibatkan angin di wilayah Sumut bersifat divergen, sehingga mengakibatkan potensi awan-awan hujan pun berkurang.

“Selain suhu panas meningkat, dampak lain dari gangguan badai tropis tersebut yakni kecepatan angin di lapisan udara atas pun cukup kencang mencapai 25 knot. Begitu juga dengan kelembaban udara atas rendah, sehingga pertumbuhan awan-awan hujan pun kecil,” sebut Syahnan.

Ditambahkannya, kondisi cuaca ini dapat berlangsung sampai 2 hari ke depan. (ps)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar